hukumonline
Selasa, 22 Pebruari 2005
BI-YLKI Buka Bulan Pengaduan Kartu Kredit dan ATM
Pengguna kartu kredit dan ATM selama ini belum mempunyai saluran yang memuaskan untuk menyampaikan keluhan atas masalah yang membelit mereka. YLKI bekerja sama dengan BI membuka bulan pengaduan konsumen kartu kredit dan ATM.
Zae
Dibaca: 20319 Tanggapan: 60
Naskah perjanjian kerja sama tersebut ditandatangani oleh Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Indah Sukmaningsih, dan pihak Bank Indonesia (BI) yang diwakili oleh Direktur Akunting dan Sistem Pembayaran, Mohamad Ishak, di Gedung BI (21/2).

Ishak dalam sambutannya mengatakan tujuan penyelenggaraan bulan pengaduan ini adalah untuk mengetahui keluhan dan saran masyarakat pengguna kartu kredit dan ATM, seputar pelayanan dan kendala yang mereka temui. Dari situ, BI bisa mendapat gambaran yang komprehensif tentang permasalahan yang dihadapi konsumen.

Terlebih lagi, BI belum lama ini juga telah mengeluarkan Peraturan BI No. 6/30/PBI/2004 tentang Penyelenggaraan Kegiatan Alat Pembayaran dengan Menggunakan Kartu. Masukan dari bulan pengaduan ini nantinya bisa menjadi alat evaluasi terhadap efektifitas peraturan BI tersebut.

"Hal ini sangat diperlukan, karena kami di BI di samping mempunyai kewenangan di bidang pengaturan untuk memperlancar dan menjaga keamanan sistem pembayaran juga memastikan kepentingan konsumen terlindungi, serta aturan mainnya dipenuhi oleh penyelenggara kartu kredit dan ATM," jelas Ishak.

Selain itu, tidak tertutup kemungkinan bahwa hasil dari bulan pengaduan ini bisa menjadi masukan terhadap terbitnya peraturan BI selanjutnya mengenai kartu kredit dan ATM. Menurut Ishak, sebelum menerbitkan peraturan BI biasanya menjaring dulu masukan dan keluhan dari masyarakat.

Ketua Umum Asosiasi Kartu Kredit Indonesia (AKKI), Budi Setiawan, menanggapi hal ini menjelaskan bahwa masalah kartu kredit biasanya timbul karena dua hal. Yakni misinterpretasi dan disalahgunakan.

"Masih ada pengguna kartu kredit kartu kredit yang tidak mengetahui kegunaan lain kartu kredit selain alat pembayaran seperti yang dikenal selama ini," ujar Budi. Ambil contoh pengguna kartu yang mengaku tak pernah menginap di hotel A ditagih oleh hotel A. Belakangan diketahui bahwa pengguna pernah memberikan nomor kartunya kepada pihak hotel untuk keanggotaan klub fitness.

Untuk mengurangi hal tersebut, menurutnya, diperlukan sosialisasi dan edukasi lebih jauh kepada masyarakat pengguna kartu. Oleh sebab itu, Budi juga menyambut baik bulan pengaduan ini, karena di dalamnya terdapat kegiatan sosialisasi dan edukasi seputar kartu kredit.

Pengaduan terbanyak

Pengaduan soal kartu kredit ternyata menempati rangking teratas dalam jumlah pengaduan konsumen tentang perbankan tiap tahunnya. Berdasarkan catatan YLKI,  di tahun 2004 2004, dari 30 pengaduan masalah perbankan yang datang ke lembaga tersebut, 18 diantaranya berkaitan dengan kartu kredit.

Ketua YLKI Indah Sukmaningsih menyambut baik kerja sama dengan BI dalam menanggapi suara dan keluhan konsumen. "Sudah bertahun-tahun suara konsumen tidak didengar, karena biasanya suara produsen kartu saja yang didengar. Sekarang ini baru kesampaian," cetusnya.

Kata Indah, selama ini tidak ada tempat penyelesaian yang adil dan menyenangkan kedua belah pihak, baik bagi konsumen kartu kredit dan ATM. Memang pihak bank biasanya menyediakan layanan konsumen (costumer service), namun penyelesaian kebanyakan tidak memenangkan konsumen.

Pihak perbankan dan lembaga keuangan lainnya selaku penerbit kartu kredit dan ATM tidak perlu khawatir dengan bulan pengaduan ini. Pasalnya, menurut Indah, kegiatan yang akan berlangsung sampai tiga bulan ke depan ini bukan untuk mengadili penerbit. "Ini hanya untuk menyumbangkan dari perspektif perlindungan konsumen," jelasnya.

tanggapan
Kecewa dengan pelayanan Bank Mega.. Rizki febriano 24.08.15 18:20
Saya pemegang kartu kredit Bank Mega no kartu saya 489087005458xxxx . Ini bermula dari permasalahan asuransi dari Bank mega. Saya di janjikan refund saya sebesar Rp. 340.000 . Saya sudah via tlp cs maupun email tetap nihil yg saya dapatkan... Hanya janji janji saja....di email tertulis refund akan masuk dlm 60 hari kerja... Tp sampai detik sekarang blum masuk juga refund nya... Ini keluhan saya dari november 2014.. Dan skrng sudah masuk ke agustus 2015 . Hanya janji janji saja yg daya dapatkan....
Layanan Kartu Kredit Bank Mega tidak berkualitasErwan 19.08.15 15:14
Dengan hormat, Sebelum saya mengajukan keluhan pelanggan, sebelumnya saya heran dengan layanan costumer kartu kredit Bank Mega yang tidak menyediakan sarana korespondensi email untuk menyampaikan keluhan. Dalam hal ini anda sudah fail dalam memenuhi kaidah layanan kepuasan pelanggan terkait layanan terhadap keluhan dan pengaduan. Saya pemegang kk Bank Mega nomor 4890 8700 5595 XXXX Menyatakan bahwa sejak awal 2015 ini terlalu sering saya alami kejadian sebagai berikut; pemberitahuan tagihan via email lancar dan tidak ada masalah sehingga memudahkan saya dalam pembayaran. Namun kenyataanya meski telah saya lakukan pembayaran via bank lewat 2 minggu, masih ada SMS penagihan baik dari BANKMEGA dan juga nomor telepon sebagai berikut; 081312824956 dan 081221625373. Yang terakhir adalah hari ini, tepatnya siang ini masih ada SMS yang memberitahu tagihan terlambat 2 bulan sebesar 574.267 Padahal karena pengiriman yang sering SMS yang berulang dan double untuk 2 kk yang saya punya yaitu Mega Carrefour dan Mega Visa. Menyebabkan saya melakukan pembayaran double tagihan minimum alias 2 kali pembayaran. Ini sangat merugikan saya, apalagi sampai menelpon orang tua yang, karena pembayaran telah dilakukan. Saya mensinyalir ada praktek di managament penagihan kk Bank Mega dengan melakukan kerancuan penagihan via SMS melalui debt collector pihak ketiga, sehingga kerancuan2 semacam ini dapat dimanfaatkan pihak ketiga tersebut yang tentunya mengejar omzet tagihan. Atau apapun istilahnya sehingga kerancuan ini merugikan pemegang kartu kredit yang double dari Bank Mega. Mohon layanan ini diperbaiki, sehingga saya tidak perlu menulis ini di Kompas atau media sosial lainnya terkait layanan penagihan via SMS atau telepon dari Bank Mega. Terimakasih. Erwan
anz moneyline sudah lunas administrasi ditagih terushendy dwi supriono 16.08.15 18:50
saya mengajukan pinjaman kta anz moeyline bulan juni tanggal 8 juni 2015 dan sudah saya lunasi tanggal 28 juni beserta interest charge on cash dan administrasi transfernya namun tanggal 12 juli 2015 saya di tagih lagi dengan adanya interest charge sebesar 59.071 dan saya sudah lunasi juga bulan yang sama sebesar 75.000 termasuk administrasi kok masih di tagih lagi bulan ini 14 agustus 2015. ga selesai 2x dong kalo lupa bayar giman bi checking dong. Mohon di bantu kiranya
kartu Kredit BCAdewi 21.07.15 12:12
sy pemegang cc BCA, di sms eStatement dan pemberitahuan via email diinfokan bahwa minimal pemby 3.157.875 jatuh tempo 21 juli 2015..tp pihak BCA sudah memblokir atm sy dari tanggal 15 juli 2015, dan tgl 21 juli 2015 didebet sebesar 4.900.000... saya keberatan 1. BCA memblokir atm sy apalgi momentum mau lebaran 2. apa hak bca mendebet lebih besar dari tagihan yg diinfokan tanpa konfirm ke pemilik rekening?
transaksi ilegal kartu kreditYan martin 07.07.15 08:34
sangat baik untuk melindungi konsumen kartu kredit agar mendapat solusi yang adil
Tidak terlambat bayar kartu kredit,dikenakan biaya keterlambatan & bunga nya oleh bank megaenny murniati 30.06.15 13:24
Saya kena biaya keterlambatan yang saya bayar tagihan CC tidak terlambat dan secara otomatis dikenai pula biaya bunga keterlambatan oleh bank MEGA saya sudah adukan masalah ini ke mega call tgl 4 juni 2015 jam 10.45 dengan ibu gigi. Tetapi mereka menyalahkan saya yang saya tidak mengerti masalah kliring mereka dengan bank Bca karena saya bayar melalui Bca. Saya merasa dirugikan sakali sebagai pengguna CC MEGA
CC Citibank Vs Bank 250MegaIsa Firdaus 04.07.15 12:30
Saya pemegang CC Bank Mega sudah 10th lebih..nomor XXXXXXXXXXX 2384 Dan saya juga mempunyai cc Citibank sudah 15th lbh..nomor xxxxxxxxx 6639 Biasanya citibank selalu nelpon untuk mengingatkan jika pas tanggal jatuh tempo..dan saya langsung bayar tagihan tersebut..agar tidak kena denda keterlambatan meski pihak citibank memberikan kebijaksanaan sampai 2 hari.. Namun saya SANGAT KECEWA..ternyata bank Mega nelpon sehari setelah jatuh tempo..dan spt biasa saya langsung bayar full..agar tidak kena denda keterlambatan dan bunga.. Namun setelah mendapat email tagihan berikutnya..saya dikenakan denda dan bunga.. Selanjutnya karena saya tidak puas..dengan pelayanan Bank Mega...saya mau tutup dan saya lunasi semua tagihan..dan termasuk cicilan pinjaman.. Namun saya begitu kaget..ternyata bunga cicilan tetap dihitung..bukan pokoknya saja + penalti seperti umumnya pinjaman.. Mohon solusinya.. Tks
Intimidasi mengatasnamakan BNI (Penagihan lewat Tlp)Dee 21.05.15 10:20
sudah 1tahun lebih saya tdk merespon CC BNI saya karena collector yang tdk sopan. setelah sekian lama, akhirnya saya di tlp dan bilang dari BNI jkt. Sudah saya katakan silahkan menemui saya, tetapi malah nantang buat apa nemui ibu? loooo..... ternyata saya baru sadar bahwa nomer yang masuk ke nomer hp saya, orang tua serta kantor dan tempat kerja saya sebelumnya adalah nomer tlp yg sama. Ternyata juga, no 02129940336 dan 02129940327 adalah orang yang sama menelpon tempat kerja saya sebelumnya mengatasnamakan dari BPJS. Kemudian tlp ke ortu saya lwt hp beliau juga mengatasnamakan BPJS. Kemudian menghubungi saya di nomer tlp yg sama itu mengatasnamakan bank mandiri untuk penawaran KTA. Dan besoknya tlp ke saya lagi baru nagih BNI. Wah kedok dan penipuan jenis baru kalo seperti ini. Dan yang bikin kami geram adalah nama yang tlp ganti2 dari Tara, titin dan siti qomariah. sampai hari ini masih berlangsung intimidasi tersebut. Sudah saya bilang anda tdk punya itikat baik, toh nama saya sudah black list. kemana anda baru muncul selama ini koq tdk ada yang berniat baik menemui saya sebelumnya. Rencana saya akan menghubungi kepolisian, karena sudah mengganggu keluarga saya juga. ketika saya menghubungi orang BNI di kota saya tinggal, dia mengatakan yang tlp saya adalah orang agency bukan orang BNI. Apapun itu, pihak yang bersangkutan sudah mengatasnamakan BNI untuk itimidasi saya, teman kantor dan keluarga saya. Apakah saya harus segera menghubungi kepolisian?
kasarwijaya sap 05.06.15 16:30
kejadian sama seperti saya mbak saya juga d teror bahkan pihak pihak yang tidak berhubungan dengan mandiri d telp smua skrng rekening saya yang tidak ada hubungannya dengan cc saya pun di blokir yang mengakibatkan saya tidak bisa bekerja lagi padahal saya beritikad setelah saya kerja lagi akan saya selesekan ada yang aneh pembekuan rekening saldo saya secara arogan dari bank mandiri
Kartu Kredit Bank Mega memeras dan mempermalukan nasabahnyaGunawan 19.04.15 20:56
Sy pemegang kartu kredit Mega Carrefour. Waktu muncul iuran tahunan pada lembar tagihan, saya bermaksud untuk menutup kartu kredit tsb. Namun oleh call center kami dirayu supaya tidak menutup kartunya dengan memberikan syarat harus belanja sekian dalam periode tertentu untuk penghapusan iuran tahunannya. Termakan rayuan akhirnya kami mengurungkan niat semula dan kami penuhi semua yg menjadi syarat tsb. Celakanya setelah kami penuhi syaratnya, iuran tahunannya tidak dihapus. Malah kami dikenakan denda dan bunga. Selama 4 bulan berturut-turut kami komplain melalui call center tetapi tidak ada penyelesaiannya. Terakhir kami diinformasikan bahwa kartu kami sdh masuk ke pihak colection. Kami merasa diperas dan dipermalukan oleh Bank Mega berhubung reputasi kami di BI jadi jelek. Mohon solusinya. Terima kasih.
RE : Kartu Kredit Bank Mega memeras dan mempermalukan nasabahnyaFeliana 25.05.15 16:58
Saya juga mengalami hal yang sama dengan Bapak dan belum ada solusinya hingga saat ini. Iuran tahunan yang katanya dihapus, tidak dilakukan dan menyebabkan interest charge. setelah lewat 4 bulan, annual fee dihapus namun interest charge tetap diakumulasi hingga hari ini. saya menghubungi setiap bulan, namun jawaban pihak Bank MEGA sama saja, yaitu : ini bersifat kebijakan dari pihak Bank, dan permintaan penghapusan saya hanya bersifat pengajuan. Jadi harap ditunggu prosesnya yang memang agak lama. Padahal, dari awal ini merupakan kelalaian pihak bank yang tidak menepati kesepakatan penghapusan dan merugikan nasabah. ini adalah bulan ke 7 dari sejak kasus ini terjadi dan belum ada tanggapan, malah interest charge tetap diakumulasi dan tidak ada itikad baik dari pihak Bank untuk menyelesaikan. Jika ada yang bisa membantu, mohon masukannya.
Hati-hati kartu kredit Bank Megabela 20.08.15 09:35
Makanya hati2 dgn kK Bank Mega , bikin mudah komplain susah. Sebaiknya segera ditutup nanti muncul yg aneh2. komplain susah banget
Cek Billing Kartu Kredit, hati-hati dengan "MONKEY BUSINESS"Erwin Sunbasana 09.08.14 10:49
Pada billing tagihan kartu kredit BANK DANAMON yang saya terima bulan ini tertera Biaya Bunga sebesar Rp. 48,859. Adapun pembayaran kartu kredit tersebut melalui debet tabungan di BANK DANAMON, waktu pendebetan biasa dilakukan pada tiap tanggal 27 (dalam hal ini 27 Juli 2014), dan pada tanggal tersebut saldo rekening sangat lebih dari cukup, tetapi anehnya pendebetan dilakukan pihak Bank Danamon pada tanggal 30 Juli 2014 (mungkin dampak libur lebaran). Akibatnya saya dikenakan biaya keterlambatan. Dalam hal ini saya sangat dirugikan oleh pihak BANK DANAMON yang melakukan praktek MONKEY BUSINESS.
komplain kartu kreditbambang purwanto 05.08.14 21:23
Mohon dibantu permasalahan tentang komplain tagihan kartu kredit, saya nasabah tabungan bank mandiri cabang solo, tepatnya pada tgl 13 juli 2014 saya mendapatkan pemberitahuan kalau telah melakukan transaksi kartu kredit xxxx5435 sebesar Rp. 321.000 dan transaksi berikutnya sebesar Rp. 110.650, sampai saat ini saya tidak pernah mendapatkan fasilitas kartu kredit dari bank mandiri, akhirnya muncul tagihan dari bank mandiri via sms pada tanggal 5 Agustus 2014 sebesar Rp.1.477.290, mohon solusi karena saya tidak pernah mendapatkan fasilitas kartu kredit tersebut, terimakasih
First Previous 1 2 3 4 5 6 Next Last

Kirim Tanggapan
Nama
Email
Judul
Tanggapan