hukumonline
Jumat, 15 April 2005
Pengusaha Warnet Wajib Pakai Lisensi Tambahan
Membeli software asli saja belum menjamin warung internet (warnet) terbebas dari aksi sweeping aparat penegak hukum. Untuk menghindari itu, warnet wajib membekali dirinya dengan lisensi tambahan.
Zae
Dibaca: 763 Tanggapan: 14

Hal tersebut terungkap dalam konferensi pers yang digelar bersama antara Microsoft Indonesia dengan Asosiasi Warung Internet Indonesia (AWARI) tentang lisensi tambahan untuk warnet, Jakarta (14/4).

 

Direktur Small and Mid-Market Solution & Partner Group PT Microsoft Indonesia, Megawaty Khie, mengatakan bahwa pihaknya mengumumkan penerapan pemakaian lisensi peranti lunak asli untuk digunakan di warnet yang ada di seluruh Indonesia.

 

Menurutnya, semua warnet yang menggunakan lisensi asli Microsoft kini berhak memberikan jasa penyewaan komputer kepada pihak ketiga asalkan menandatangani perjanjian tambahan yang disebut Microsoft Software Rental Agreement for Internet Cafe.

 

"Dengan ditandatanganinya lisensi tambahan tersebut, warnet telah memenuhi syarat sebagai penyedia jasa penggunaan peranti lunak asli Microsoft yang legal," terang Megawaty.

 

Dikatakannya, untuk mendapatkan lisensi tambahan ini pihak Microsoft tidak akan mengutip biaya tambahan. "Satu saja syaratnya, bahwa peranti lunak yang digunakan oleh warnet tersebut adalah yang asli.

 

Terbitnya lisensi tambahan ini tidak lepas dari usaha AWARI dan Microsoft Indonesia, menyikapi kasus sweeping yang terjadi di Cilacap, Jawa Tengah, terhadap sebuah warnet dan sebuah toko komputer.

 

EULA

Ketua Presidium AWARI, Judith MS, menjelaskan bahwa warnet yang di-sweeping itu sebenarnya sudah membeli lisensi asli untuk komputer-komputer yang digunakan. Biasanya ada tanda stiker dari Microsoft yang menunjukkan bahwa komputer itu berisi program yang berlisensi.

 

Hanya saja aparat hukum berpendapat lain. Di mata aparat penegak hukum, membeli lisensi saja tak cukup karena dalam perjanjian lisensi (End User Licence Agreement/EULA) itu disebutkan bahwa pengguna lisensi tidak boleh menyewakan program komputer tersebut kepada pihak ketiga. Itu juga yang menjadi dasar polisi menyita komputer tersebut.

 

Menurut Judith, kejadian ini sebenarnya tidak hanya terjadi di Cilacap saja, namun banyak kasus juga terjadi di daerah-daerah lain. Dia menyebut contoh Semarang, Bandung, dan Bali.

 

Namun dengan alasan bahwa upaya perlawanan akan menghambat bisnisnya, menurut Judith, para pengusaha warnet itu memilih untuk tidak bersuara keras dan membayar sejumlah uang kepada polisi untuk menebus komputer-komputer mereka yang disita.

 

AWARI sendiri menyambut baik keluarnya lisensi tambahan dari Microsoft ini. "Dengan agreement ini maka pengusaha warnet akan terhindar dari oknum polisi yang suka main sweeping," cetus Judith. Ia juga meminta agar Microsoft melakukan sosialisasi terhadap aparat penegak hukum.

Share:
tanggapan
Aparat yg kampungan....pentol goreng 26.10.07 23:50
Polisi yg bagian sweeping skrg kaya raya...sprt om saya sendiri tuh...semenjak menangani sweeping dia jadi kaya mendadak...mereka memeras para pelanggar...kalo berani sweeping di kantor2 Dinas Pemerintahan......payah...kapan bisa maju bangsa kita klo bgini terus.
bagaiman arief 17.06.05 00:44
bagaimana cara mendapatkan lisensi tsb dan biaya yang akan dikeluakan nya ? dan keamanannya?
perkara licensi softwarekirun alfayeth 22.04.05 12:49
kenapa musti warnet yang dipermasalahkan, warnet paling ada berapa pc aja, swiping dulu aja perusahaan-perusahaan, pabrik-pabrik, instansi pemerintah, dijamin mereka pasti pake software bajakan, jangan lupa yang merasia "KANTOR POLISI" pun pake software bajakan. bukannya memandang rendah, tapi apakah pihak kepolisian sudah mampu untuk mengoperasikan linux atau freebsd, :) saya kira belum mampu!
beraninya sama yg kecilPENYET 17.06.05 20:33
Microsoft + BSA beraninya cuma sama yg kecil2 saja (warnet & kantor kecil). Ayo kalau berani sweeping Perusahaan2 Besar dan Instansi2 Pemerintah yg jelas2 pakai bajakan juga.
bgmana mendapatkan lisensi tambahanAbbey 26.04.05 10:18
Bagaimana cara nya kita bisa mendapatkan lisensi tambahan khusus untuk warnet mohon kirim email ke email saya..bener bener memerlukannya
dimana ngurus msra for internet cafearman panggabean 10.09.05 19:50
saya rencana akan membuka warnet saya tertarik mengenai "Microsoft Software Rental Agreement for Internet Cafe" bagaimana caranya mendapatkan perjanjian itu?dan dimana tempat yg harus saya datangi? saya mohon untuk dibalas ke email saya arman65@telkom.co.id trima kasih yg sebesar-besarnya.
ikut aturanindra irawan 17.06.05 22:58
saya rencana akan membuka warnet saya tertarik mengenai "Microsoft Software Rental Agreement for Internet Cafe" bagaimana caranya mendapatkan perjanjian itu?dan dimana tempat yg harus saya datangi? saya mohon untuk dibalas ke email saya sundasunda78@yahoo.com trima kasih yg sebesar-besarnya.
mohon informasipras 04.06.05 15:32
kalau boleh saya minta informasi untuk mengetahui gmn caranya mendapatkan lisensi tambahan. e-mail ke prass_adi10@yahoo.com ya... terima kasih sebelumnya...
Tolong beri informasiAntoNisa 10.06.05 18:44
Tolong beri informasi ke arr_mega@yahoo.com bagaimana cara mendapatkan lisensi tambahan tersebut.... Terima Kasih!
Caranya?IMade Sriardana 26.04.05 00:49
bagaimana caranya untuk bisa menandatangani perjanjian khusus untuk warnet? Tolong kirim ke email saya ya.. plss...
First Previous 1 2 Next Last

Kirim Tanggapan
Nama
Email
Judul
Tanggapan
Jika anda member Hukumonline, silahkan login, atau Daftar ID anda.