Kamis, 14 Mei 2009
Ratusan Advokat KAI Demo MA
Dibaca: 4042 Tanggapan: 41

Ratusan advokat dari organisasi Kongres Advokat Indonesia (KAI) menggelar aksi unjuk rasa di depan gedung Mahkamah Agung (MA). Membawa sejumlah spanduk, para advokat berpakaian necis itu, sebagian mengenakan jas organisasi, menuntut MA untuk mencabut surat Ketua MA nomor 052/KMA/V/2009 perihal Sikap MA terhadap Organisasi Advokat tertanggal 1 Mei 2009.

 

Aksi unjuk rasa dipimpin langsung oleh jajaran pengurus KAI, mulai dari Presiden DPP KAI Indra Sahnun Lubis bersama Sekretaris Jenderal DPP KAI Roberto Hutagalung, dan sejumlah pengurus DPD KAI di daerah. Beberapa perwakilan dari mereka saat ini sedang menggelar audiensi di ruang Ketua MA.

 

Sebagaimana diketahui, MA telah menerbitkan surat terkait kisruh yang terjadi di tubuh organisasi advokat. Surat itu diantaranya menginstruksikan para ketua pengadilan tinggi untuk tidak menggelar pengambilan sumpah advokat baru. Instruksi ini berlaku hingga ada penyelesaian atas kisruh organisasi advokat.

MA. harus bijaksana
 - Hanss
10.02.12 11:15
Ketua MARI terpilih harus bijaksana dalam memperhatikan kaedah2 hukum yang berlaku,. seperti halnya pasca putusan MK no 101. MA tidak perlu malu/enggan menuruti putusan tersebut
dura lex sed lex
 - tandry
15.01.10 23:36
MA tidak perlu terpengaruh oleh aksi-aksi terkait "hukum" yang telah dibuat MA. inilah supremasi judisial
ADVOKAT INDONESIA ADVOKAT PEJUANG
 - Ari Pratomo SH
27.05.09 17:27
Masa Bodo siapa yang wadah Tunggal KAI atau PERADI, saya dilantik KAI tanggal 27 April diwilayah Hukum Pengadilan Tinggi DKI Jakarta, saya bercermin pada UUD 45 "SETIAP WARGA NEGARA BERHAK MENDAPATKAN PENDIDIKAN DAN WAJIB MENGAMALKANNYA, SERTA BERHAK MENDAPATKAN PEKERJAAN DAN PENGHIDUPAN YANG LAYAK, Jadi jangan halangi kami untuk beracara.... kami bekerja untuk masyarakat kok, GITU AJA KOK REPOT, MUAK DENGER KALIMAT SAYA YANG LEGAL DAN SAH ANDA TIDAK CAPE DEH...
mantep
 - jufri
14.02.12 09:21
sepakat saya boss
Peradi Ngga Perlu Demo
 - Bachtiar DS Djalaluddin, SH, MH
15.05.09 22:29
Sikap MA benar hanya ada satu saja institusi Advokat sesuai dgn Undang2,Peradi ngga perlu Demo karena Anggota Peradi sebelumnya pernah dilantik oleh PT dan olehkarenanya tetap akan dilantik, yang demo itukan yang bermasalah yang belum pernah dilantik oleh PT dan oleh karenanya membutuhkan pengakuan, iya kan?
MA harus netral dan tidak memihak siapapun
 - Adi Partogi Singal Simbolon,SH
15.05.09 15:20
MA bukan yang menentukan suatu nasib KAI, seharusnya MA yang memberikan suatu kebebsan kepada KAI dan PERADI untuk memberikan suatu kemajuan dalam bidang Penegakan Hukum di Indonesia. seharusnya MA memperbaiki Peradilian di seluruh indonesia dikarnakan makin banyaknya yang mengaku-ngaku Advokat, dan bersihkan peradilan dari Mafia Peradilan yang sudah lama terjadi di masa Rezim Soeharto. ini yang memberikan cotoh buruk dalam hukum indonesia. MA tidak berhak untuk ikut campur urusan KAI dan PERADI, dan MA tidak berhak memberikan SEMA tentang tidak boleh bersidang terhadap KAI. bertambah buruknya citra MA di Indonesia. KAUM MUDA ADVOKAT INDONESIA (KMAI) Adi Partogi Singal Simbolon,SH
viva Peradi
 - Deddy Iskandar
15.05.09 15:10
Kalau uda merasa benar knapa mesti di klarifikasi......Oke
KAI BUKAN SUATU WADAH TUNGGAL
 - Adi Partogi Singal Simbolon,SH
15.05.09 15:07
seharusnya MA dan KAI membrekan suatu perjanjian untuk bisa melakukan persidangan di pengadilan Negri dan Pengadilan Tinggi. seharus MA netral dalam suatu keputusan untuk menentukan sikap terhadap KAI. KAI dan PERADI adalah sama-sama Wadah Tunggal dalam ADVOCAT. seharusnya MA memberikan kebebsan kepada KAI bukan menghambat KAI untuk bersidang dalam pengadilan. kalau begitu lebih baik MA harus bisa memanggil PERADI dan KAI untuk duduk bersama untuk mengatasi masalah tentang PERADI dan KAI. KAI dan PERADI sama-sama ADVOCAT,seharusnya mereka memberikan suatu contoh yang terbaik bagi kami kaum muda yang akan menjadi ADVOKAT bukan di buat rumit. Wahai bapak-bapak Pejabat PERADI dan bapak Pejabat KAI lihat kami dan juga perhatikan kami kaum muda ini yang akan menjadi ADVOKAT. KAUM MUDA AVOKAT INDONESIA (KMAI) Adi Partogi Singal Simbolon,SH
Tanggapan Surat MA
 - fransisca indrasari
15.05.09 14:38
Menurut saya surat yang dikeluarkan oleh Mahkamah Agung tidak fair, karena merugikan para calon advokat-advokat baru sehingga tidak bisa dilantik. Seharusnya Mahkamah Agung menjadi mediator dalam permasalahan antara organisasi advokat dan tidak mengakibatkan kerugian bagi pihak-pihak lain yang tidak tahu menahu atau tidak ikut campur dalam kegiatan organisasi advokat. Tetapi mengapa justru kami generasi penerus bangsa ini para calon advokat-advokat yang menjadi Korbannya!!!!!!!!
It's Show Time....
 - barcazonic
15.05.09 14:36
Menyikapi dari artikel tersebut saya ingin memberikan tanggapan seputar permasalahan tersebut. Advokat KAI memang pantas disebut organisasi karna berani memperjuangkan aspirasi anggotanya agar bisa dilantik menjadi advokat, bukan hanya sekedar memungut biaya PKPA dan tetekbengek lainnya kpd para calon advokat sedangkan nasib mereka saja tidak jelas seperti yg sering dilakukan Peradi dari dulu...inilah momentum yang tepat untuk KAI membuktikan eksistensinya kepada masyarakat bahwa organisasi advokat yang benar adalah KAI...walaupun ga disumpah sama MA juga advokat sejatinya dalam menegakkan hukum sudah bersumpah duluan kpd Allah SWT (Tuhan YME) coba para hakim2 di Indonesia ini berkaca dulu apakah tindakan mereka itu sdh bener!
KAI + PERADI vs MA
 - ISA ANSYORI,SH
15.05.09 14:21
iyaaaalah, kalo saya sebagai advokat dan anggota PERADI , saya dukung MA, kita jangan terlalu bangga dengan advokat namun tidak mampu membentuk organisasi sendiri, saya dilantik oleh Pak INDRA SAHNUN LUBIS di PT. BALI dan masing ingat, betapa ia bangga menjadi orang PERADI dalam sambutannya, ternyata bebrapa bulan dia bilang PERADI tidak legal, KAI lah, MA harus tegas demi "KEMULIAAN FROFESI ADVOKAT",surat edaran MA membuktikan advokat tidak bisa memenuhi UU Advokat, siapa yang malu? bukan MA tapi kita advokat, MA bertindak untuk melindungi masyarakat dari carut marutnya advokat, MA bertindak untuk menjamin terpenuhinya pasal-pasal UU Advokat,MA bertindak supaya tidak semua davokat menjadikan advokat sebagai ajang bisnis, kenapa harus menyalahkan MA?
First Previous 1 2 3 4 5 Next Last
Captcha belum diisi / expired / tidak valid.

NAMA
EMAIL
JUDUL
TANGGAPAN

Seluruh judul dan isi tanggapan adalah tanggung jawab masing-masing penulis tanggapan. Redaksi hukumonline berhak untuk menayangkan atau tidak menayangkan tanggapan dengan mempertimbangkan kepatutan serta norma-norma yang berlaku.