Tinjauan terhadap Batasan Rahasia Negara
Kolom

Tinjauan terhadap Batasan Rahasia Negara

Banyak di antara kita masih berfikir secara reaktif. Akan memikirkan sesuatu apabila terjadi suatu kasus. Terjadi kasus seorang dituduh membocorkan rahasia negara ke suatu negara asing. Barulah kita mencari﷓cari, apa yang dimaksud dengan "rahasia" atau lebih luas lagi batasan tentang "rahasia negara".

Bacaan 2 Menit
Tinjauan terhadap Batasan Rahasia Negara
Hukumonline

Sejauh ini, memang tidak dengan jelas suatu dokumen dianggap sebagai rahasia. Sudah menjadi pengetahuan umum dalam pendidikan bahwa soal ujian merupakan suatu rahasia. Akan tetapi, dari mana sumber bahwa soal ujian sebagai suatu yang bersifat rahasia, sulit untuk ditelusuri secara cermat.

Ada perundang-undangan tentang kearsipan serta tentang dokumen perusahaan. Akan tetapi, mana yang dianggap sebagai rahasia kiranya masih perlu ada perbincangan lebih lanjut.

Undang-undang tentang Kearsipan serta Dokumen Perusahaan hanya mengatur tentang administrasi kearsipan dan ketentuan tentang dokumentasi. Meskipun di dalamnya, terdapat kriminalisasi, yaitu ketentuan pidana terhadap perbuatan tertentu di dalam kearsipan dan dokumentasi. Akan tetapi, arsip atau dokumen mana yang dianggap sebagai rahasia tidak dengan jelas dinyatakan dalam undang- undang tersebut.

Baru setelah ada kasus tentang penjualan rahasia negara kepada negara asing, maka terjadi perdebatan tentang apa sebenarnya yang dimaksud dengan rahasia negara.

Memang pernah terjadi suatu kasus penualan peta oleh seorang kepada negara asing. Namun, ternyata kasus tersebut belum sampai menimbulkan reaksi oleh siapapun, juga tidak para akademisi untuk mencari batasan rahasia negara.

Pernyataan

Suatu dokumen dianggap sebagai rahasia haruslah dari sejak semula ada suatu pernyataan tentang hal tersebut. Seperti yang terjadi pada suatu instansi tertentu, sejak semula suatu dokumen dinyatakan sebagai rahasia. Sehingga, siapapun yang membuka rahasia tersebut dianggap sebagai telah melakukan tindak pidana.

Apalagi bagi mereka yang memang dari sejak semuia sudah dinyatakan mempunyai kewajiban untuk menyimpan rahasia tersebut. Dari sejak semula, harus ada suatu pernyataan tentang kewajiban untuk menjaga rahasia tersebut. Di samping itu, juga pernyataan bahwa hal tersebut sebagai suatu rahasia, meskipun pernyataan tersebut hanya dinyatakan secara umum saja.

Tags: