Memiliki Domain Name, Malah Melanggar Merek
Berita

Memiliki Domain Name, Malah Melanggar Merek

Jakarta, hukumonline. Mimpi Dave Lahoty untuk kaya dengan mengeruk keuntungan melalui domain name kandas di tengah jalan. Warga California, AS, ini malah dinyatakan bersalah atas kasus pelanggaran merek milik E-Stamp Corp. Bahkan, cybersquatter ini diwajibkan membayar AS$300.000 sebagai biaya pengacara.

Oleh:
Muk/APr
Bacaan 2 Menit
Memiliki Domain Name, Malah Melanggar Merek
Hukumonline

Law.com melaporkan, perkara ini diawali sejak akhir 1997 saat Lahoty mendaftarkan sebuah domain name internet, yakni estamps.com dan sejumlah variasi yang mirip dengan domain name tersebut.

Hal ini dilakukan Lahoty setelah melihat perkembangan bisnis penjualan materai melalui intenet yang berkembang pesat. Inilah fakta-fakta yang ditemukan oleh Hakim Gary Allen Fees dari Pengadilan Central Distrik California.

Di Amerika Serikat, sebagian besar industri materai di internet dikuasai oleh E-Stamp Corp. Hal ini terjadi setelah perusahaan tersebut memperoleh persetujuan Kantor Pos Amerika Serikat untuk menjadi perusahaan pertama dan satu-satunya yang diizinkam melakukan penjualan materai di internet.

Setelah berhasil memperoleh sejumlah domain name tersebut, Lahoty mendekati pihak E-Stamp Corp dan menawarkan domain name, yaitu estampnow.com dan estamp.com.

Pelanggaran merek dagang

Hakim Fees berkesimpulan bahwa tindakan Lahoty  masuk ke dalam pengertian Pasal 35 (a) dari Lanham Act yang menyatakan bahwa pengenaan biaya dapat dilakukan pada kasus pelanggaran merek dagang jika tindakan pelanggaran tersebut telah dilakukan dengan niat jahat, secara curang, dan disengaja.

Menurut hakim Fees, tindakan Lahoty atas merek penggugat dilakukan saat penggugat sedang dalam kondisi tak menentu. Sejak awal jelas  bahwa tindakan Lahoty itu dilakukan dengan maksud memperoleh keuntungan yang berasal dari peningkatan nilai ekonomis domain name tersebut.

Atas dasar fakta-fakta inilah, maka sangatlah layak jika E-Stamp Corp memperoleh penggantian atas biaya pengacaranya yang harus dibayarkan oleh Lahoty.

Halaman Selanjutnya:
Tags: