hukumonline
Jumat, 09 April 2010
Susno Duaji: Mr X, Musuh Pengacara
Beredar informasi di kalangan wartawan, Mr X adalah seorang mantan diplomat di Australia dan pernah aktif di Badan Intelijen Negara.
Fat
Dibaca: 679 Tanggapan: 1
Susno Duaji: Mr X, Musuh Pengacara
Mantan Kabareskrim Susno Duaji kembali membuat hebohruang rapat Komisi III. Foto: Sgp

Akhirnya, Rapat Dengar Pendapat Umum antara Komisi III DPR dengan mantan Kabareskrim Susno Duaji digelar, Kamis (8/4). Sesuai dengan harapan sejumlah anggota Komisi III, Susno tidak hanya memberikan keterangan lisan tetapi juga menyerahkan data-data. Tapi sayangnya, penyerahan data dilakukan secara tertutup.

 

Kepada Komisi III, Susno menceritakan sebuah kasus yang nilainya lebih besar dari kasus Gayus Tambunan, tetapi dengan modus yang sama. Kasus itu melibatkan  sebuah perusahaan pakan ternak ikan arwana di Pekanbaru. Uniknya, beberapa pihak yang diduga terlibat dalam kasus ini juga terkait dengan kasus Gayus.

 

Susno menyebut ada nama Andi Kosasih dan pengacara Haposan Hutagalung. Satu lagi yang masih misteri adalah Mr  X. “Bahkan katanya, Mr  X ini adalah oknum yang punya saham di situ (perusahaan ikan arwana, red),” Susno menambahkan.

 

Mr X, lanjut Susno, adalah orang yang memiliki akses luas di Kepolisian. Tapi, oknum tersebut bukanlah anggota Polri, melainkan dari kalangan sipil yang memiliki kenalan dengan sejumlah petinggi Polri. Kepada sejumlah wartawan, Susno enggan mengungkap identitas Mr X sebenarnya. “Bukan polisi, dia (Mr X) adalah musuhnya para pengacara,” tukasnya.

 

Usai rapat tertutup, Ketua Komisi III Benny Kabur Harman mengatakan Mr X yang disebut Susno berinisial SJ. Benny menambahkan, “Kalian sudah tahu itu semua. Ya, seperti yang kalian tahu”.

 

Beredar informasi di kalangan wartawan, Mr X adalah seorang mantan diplomat di Australia dan pernah aktif di Badan Intelijen Negara. Ketika informasi ini disodorkan ke Benny, politisi Partai Demokrat ini menjawab, “Katanya begitu. Dia bukan anggota kepolisian tetapi mendapat semua fasilitas yang diperoleh kepolisian. Tapi, punya kedekatan dengan bintang tiga”.

 

Menurut Benny, setelah pertemuan ini, Komisi III berencana mengundang jajaran Polri untuk mengklarifikasi data-data yang diberikan Susno. Selain pihak Polri, Komisi III bahkan akan turut mengundang Mr X. “Kapolri nanti akan kita undang, kita akan menanyakan sejauh mana kasus yang diungkapkan Susno Duaji ini ditindaklanjuti. Kedua, kita akan mengkonfirmasikan informasi yang kita dapat dari Susno Duaji ini kepada pimpinan Kepolisian,” paparnya.

 

Terbuka, tertutup

Dalam rapat, sempat muncul perdebatan antar anggota Komisi III mengenai apakah rapat digelar atau tertutup. Wakil Ketua Komisi III Aziz Syamsuddin mengusulkan agar khusus untuk penyerahan data dilakukan secara tertutup. Menurut Aziz, Pasal 240 Tata Tertib DPR sebenarnya tidak mengatur secara eksplisit. Tapi, lanjutnya, rapat tertutup merupakan cara yang terbaik untuk menghindari masalah yang muncul nantinya.

 

Aziz menegaskan Komisi III menjunjung tinggi asas praduga tak bersalah karena para pihak yang akan diungkap Susno belum tentu bersalah. Politisi Partai Golkar ini khawatir jika diungkap dalam rapat terbuka dan kemudian tidak terbukti keterlibatannya, Komisi III akan menghadapi masalah hukum. “Kalau ke depan Komisi III dan Susno dituntut orang, harus siap jika semua dilakukan secara terbuka dan transparan,” ujarnya.

 

Berbeda, Anggota Komisi III dari PPP Ahmad Yani menginginkan rapat terbuka. Ia justru menantang Susno agar berani mengungkap semuanya demi mewujudkan reformasi di tubuh Polri. “Dalam rangka pembenahan institusi kepolisian, kita buka forum ini seluas-luasnya,” pungkasnya. Pada akhirnya, Komisi III memutuskan rapat digelar tertutup.

Share:
tanggapan
Tegak kan keadilan negeri ini Herman 27.08.10 07:39
mengapa kepolisian republik indonesia kini jadi lemah gak tau mana yang benar dan mana yang salah ???? di mana keadilan jika polisi yang menjadi biang itu sendiri tolong tegak kan keadilan

Kirim Tanggapan
Nama
Email
Judul
Tanggapan
Jika anda member Hukumonline, silahkan login, atau Daftar ID anda.