Dua Kubu KAI Laksanakan Pelantikan Advokat
Berita

Dua Kubu KAI Laksanakan Pelantikan Advokat

Masing-masing mengaku paling sah.

Oleh:
IHW/Mys
Bacaan 2 Menit
Suasana pengangakatan calon advokat PERADI 2010. Foto: Sgp
Suasana pengangakatan calon advokat PERADI 2010. Foto: Sgp

 Perpecahan internal di tubuh Kongres Advokat Indonesia (KAI) tak bisa ditutupi lagi. Ada dua kepengurusan yang masing-masing mengaku paling sah mengatasnamakan dan menjalankan tugas organisasi dalam melantik advokat baru.

 

Kubu pertama diwakili Presiden KAI Indra Sahnun Lubis dan pelaksana tugas Sekjen Abdul Rahim Hasibuan. Sedangkan kubu kedua terdiri dari empat pelaksana tugas Presiden KAI yaitu Eggi Sudjana, Zulkifli Nasution, Soehardi Soemomoeljono dan Ananthika Budiartika. Posisi Sekjen di kubu kedua ini diisi Roberto Hutagalung.

 

Diawali dengan pengumuman di website KAI, kubu Indra Sahnun Lubis membuat pengumuman tentang alamat resmi dan Panitia Nasional Ujian Calon Advokat dan DKPA (Diklat Khusus Profesi Advokat yang diakui secara resmi oleh kubu Indra. Selain itu, kubu ini mengumumkan bahwa pelantikan calon advokat KAI dilakukan pada 5 Juni 2010.

 

Kepengurusan Eggi Sudjana c.s tak mau kalah. Lewat harian Kompas tertanggal 8 Mei 2010, kubu ini mengumumkan rencana pelantikan advokat pada Sabtu 29 Juni 2010 mendatang di Wisma Bakti, Pancoran, Jakarta Selatan. Didaulat sebagai Ketua Panitia Pelantikan adalah Bahari Gultom.

 

Atas pengumuman itu, kepengurusan Indra Sahnun tak tinggal diam. Lewat media yang sama tertanggal 22 Mei 2010, kubu Indra memuat iklan yang berisi bantahan atas pengumuman kubu Eggi dkk. “DPP KAI dan PANNAS UCA (Panitia Nasional Ujian Calon Advokat) KAI hanya akan mengurus penyumpahan advokat yang dilantik oleh DPP pimpinan H. Indra Sahnun Lubis dan Ketua UCA Tommy Sihotang,” demikian penggalan isi pengumuman.

 

Dalam iklan pengumuman itu, kubu Indra Sahnun menyatakan akan segera melaporkan Eggi Sudjana dkk ke kepolisian atas dugaan penipuan karena menyelenggarakan pelantikan advokat tanpa hak.

 
Saling klaim

Kepada hukumonline, Bahari Gultom mengaku akan tetap melangsungkan pelantikan advokat KAI pada 29 Mei mendatang. Ia tak gentar terhadap ancaman kubu Indra Sahnun yang akan memperkarakan masalah ini ke kepolisian. “Kami akan tetap melakukan pelantikan, karena kami diangkat menjadi Panitia Pelantikan oleh pengurus DPP (Eggi Sudjana c.s) yang sah secara hukum,” kata Bahari, lewat telepon, Senin (24/5)

Tags: