Untungnya Punya Regulatory Manual
Resensi

Untungnya Punya Regulatory Manual

Buku ini merupakan kompilasi lebih komprehensif peraturan pasar modal dan persaingan usaha. Penting bagi Anda yang berkecimpung di pasar modal dan advokasi persaingan usaha.

Oleh:
DK/Klinik Hukum
Bacaan 2 Menit
perpaduan buku ini merupakan kompilasi lebih komprehensif<br> peraturan pasar modal dan persaingan usaha. foto: Sgp
perpaduan buku ini merupakan kompilasi lebih komprehensif<br> peraturan pasar modal dan persaingan usaha. foto: Sgp

Pesatnya perkembangan perekonomian di Indonesia sudah seharusnya diimbangi dengan berkembangnya pengetahuan dan informasi yang dimiliki oleh para pelaku usaha. Pengetahuan dan ketersediaan informasi terhadap peraturan yang ada menjadi hal yang krusial bagi para pelaku usaha agar dalam menjalankan usahanya tidak tersandung perkara pelanggaran hukum.

 

Sebagai salah satu alternatif sumber pembiayaan, pasar modal menjadi pilihan yang teramat menarik bagi pelaku usaha dan emiten. Jika Anda ingin mendalami labirin pasar modal dan persaingan usaha, salah satu syarat yang harus dipersiapkan adalah kemampuan memahami aturannya.

 

Ketidaktahuan terhadap peraturan di negeri ini bisa berakibat fatal. Anda bisa terjebak ke dalam rimba hukum dan terus menerus terbelit urusan birokrasi dan pengadilan. Karena itu, Anda perlu tahu aturan, rule of the game. Ketidakpastian hukum acapkali bermula dari ketidaktahuan peraturannya.  

 

Masalahnya, peraturan yang perlu Anda pahami bukan hanya satu dua. Apalagi peraturan itu tersebar dalam banyak dokumen dan laman. Mantan Ketua Bapepam-LK A Fuad Rahmany mengemukakan bahwa saat ini terdapat tidak kurang dari 198 peraturan perundang-undangan di pasar modal Indonesia. Sebagian besar di antaranya tertuang dalam bentuk Peraturan Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK). Itu baru regulasi pasar modal.

 

Aturan di bidang persaingan usaha tak jauh beda. Tresna P. Sumardi, mantan Ketua Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU), menegaskan berbagai upaya telah ditempuh untuk memudahan masyarakat memahami aturan persaingan usaha. Penyebaran terus dilakukan agar peraturan persaingan usaha lebih massal, baik melalui laman maupun melalui cetakan. Tersebarnya peraturan-peraturan tersebut tentu mempersulit orang untuk mengakses.

 

Adalah National Legal Reform Program (NLRP), sebuah program yang dibiayai Negara Belanda, yang punya inisiatif mengkompilasi semua peraturan yang masih berlaku ke dalam satu buku. Untuk pertama kali, yang dipilih adalah pasar modal dan persaingan usaha. Untuk melaksanakan pekerjaan besar itu, NLRP menggandeng Pusat Kajian Regulasi, Indonesia Working Group for Forestry Finance, dan hukumonline.  

 

Setelah bekerja keras selama enam bulan, jadilah dua buku: “Ikhtisar Ketentuan Pasar Modal” dan “Ikhtisar Ketentuan Persaingan Usaha”.

 

Buku pertama, “Ikhtisar Ketentuan Pasar Modal” merupakan rangkuman dari peraturan-peraturan pasar modal di Indonesia dari berbagai variasi sumber. Disajikan dalam suatu bentuk regulatory manual yang komprehensif, sederhana dan mudah dipahami. Buku ini menjelaskan secara komprehensif, mulai dari definisi istilah-istilah pasar modal, hingga pada penegakan Hukum Pasar Modal.

 

Lebih dalam, buku ini menguraikan bagaimana proses atau kegiatan pasar modal dilakukan, siapa saja otoritas dan aktor pasar modal di Indonesia, serta produk-produk yang ada di pasar modal Indonesia. Seluruh penjelasan dalam buku ini dilengkapi dengan dasar hukum dari ketentuan pasar modal Indonesia mulai dari peraturan level undang-undang hingga peraturan-peraturan dan surat-surat edaran yang dikeluarkan otoritas pasar modal.

 

Sebagai ikhtisar peraturan, salah satu yang tidak bisa dihindari dari buku ini adalah ketebalan: 2.208 halaman. Akibatnya, buku ini tidak nyaman untuk dibawa kemana-mana.  Kelemahan lain adalah beberapa kesalahan redaksional. Kesalahan yang sama ditemukan pada buku kedua.

 

Ikhtisar Ketentuan Pasar Modal

 

Penulis: Alexander Lay et al.

Penerbit:  National Legal Reform Program (NLRP), Jakarta

Tahun Terbit: Cet-1, 2010

Halaman: 2208 hal

Ikhtisar Ketentuan Persaingan Usaha

 

Penyusun: Prof. Ningrum Natasya Sirait et al.

Penerbit: National Legal Reform Program (NLRP), Jakarta

Tahun Terbit: Cet-1, 2010

Halaman: xxii + 424 hal

 

Buku kedua, “Ikhtisar Ketentuan Persaingan Usaha”, menjabarkan pasal per pasal dari Undang-Undang No 5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat. Sehingga, diharapkan dapat memudahkan pihak-pihak yang berkepentingan dalam memahami ketentuan hukum persaingan usaha di Indonesia. Materinya mulai dari perjanjian hingga kegiatan yang dilarang, mulai dari pengaturan mengenai oligopoli, kartel, monopoli, hingga posisi dominan yang dapat mengakibatkan praktik monopoli dan persaingan usaha tidak sehat dijelaskan secara komprehensif dalam buku ini.

 

Menariknya, buku ini dilengkapi hukum acara yang berlaku dalam penyelesaian perkara persaingan usaha, daftar peraturan lain yang terkait dengan persaingan usaha dan pedoman serta ringkasan dari berbagai putusan yang telah dikeluarkan oleh KPPU.   

 

Kalaupun merasa tidak nyaman membawa buku tebal, Anda tak perlu khawatir. Ada versi lebih ringan berupa compact disc (CD). Isinya sama. 

Apapun kelebihan dan kelemahannya, kedua buku ini layak melengkapi referensi dan koleksi peraturan perundang-undangan, terutama jika Anda ingin mendalami hukum pasar modal dan hukum persaingan usaha Indonesia.

 

Menambah pengetahuan adalah pekerjaan yang terus menerus perlu kita lakukan karena seperti adagium yang dikutip, “knowledge is power”. Membaca membawa Anda ke dalam pengetahuan. Selamat membaca!

Tags: