Unpad Tuan Rumah Jessup Competition 2012
Aktual

Unpad Tuan Rumah Jessup Competition 2012

Oleh:
hot/hole
Bacaan 2 Menit
Unpad Tuan Rumah Jessup Competition 2012
Hukumonline

Phillip C Jessup International Law Moot Court Competition Indonesian National Round resmi digelar di Bandung, 3-5 Februari 2012. Kegiatan yang rutin dilaksanakan oleh Indonesian Society of International Law (ISIL) ini, untuk kali pertama diadakan di luar kota Jakarta. Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran menjadi tuan rumah untuk Jessup National Round yang telah berumur 10 tahun ini.

Kompetisi peradilan semu hukum internasional ini diikuti oleh 17 tim dari berbagai fakultas hukum di Indonesia. Peserta masih didominasi dari Pulau Jawa, seperti Unpad, Unair, Unbraw, UGM, UI, UII, Unika Atma Jaya, Unpar, UKSW, UPH, Ubaya, Untar, dan Usakti. Sementara universitas dari luar Pulau Jawa hanya ada empat tim yaitu Unhas, Unsrat, USU, dan Unika De La Salle (Manado).

Jessup Competition kali ini mengambil kasus The Republic of Aprophe v. The Federal Republic of Rantania The Case Concerning the Temple of Mai-Tocao. Kasus ini serupa dengan kejadian di  Preah Vihear Temple, yang melibatkan Kamboja dan Thailand. Mahkamah Internasional sendiri telah memberikan putusan atas sengketa Preah Vihear Temple pada tahun 1962, dan memenangkan Kamboja.

Philip C Jessup International Law Moot Court Competition (http://www.ilsa.org/jessuphome) adalah salah satu kompetisi peradilan semu terbesar dan paling bergengsi di dunia, yang telah diadakan sejak tahun 1959, dan melibatkan ratusan fakultas hukum top dari berbagai negara di dunia. Pemenang national round akan mewakili Indonesia untuk bertarung di Washington DC pada 25-31 Maret 2012.

Tags: