Jumat, 09 Maret 2012
Salah Tangkap dan Disiksa dalam Penyidikan
5

 

KepadaYth.

 

Pimpinan HUKUMONLINE


Puri Imperium Office Plaza, G-7

 

Jl. Kuningan Madya Kav 5-6,

Kuningan Jakarta 12980

 

 


Dengan hormat,

 

Semoga  Bapak  dalam  keadaan  sehat  sejahtera  dalam  menjalankan tugas  sebagai Pimpinan Hukum Online.

Saya yang bertanda  tangan di bawah ini bernama  Edih Kusnadi, tempat tanggal lahir: Tangerang, 22   Maret   1980;  pekerjaan:   Agen   Asuransi   Prudential,   berdomisili   di (alamat ada pada redaksi), saat ini ditahan di LP Cipinang Jakarta.

 

Bersama ini saya mengadukan perkara penyiksaan, rangkaian pelanggaran  hukum dan ketidakadilan yang saya alami di Polda Metro Jaya, sebagai berikut:

• Pada  tanggal  14  Mei  2011  saya  ditelpon  oleh  lswadi  Candra,  prospek  klien Asuransi Prudential untuk bertemu di Jalan Pembangunan, Jakarta Pusat.

 

• Saat tiba di lokasi, saya langsung ditangkap oleh beberapa orang yang mengaku sebagai polisi. Mereka berteriak: "Jagoan yang punya Jakarta kita tangkap!"

• Saya  amat  shock,  marah  dan  kebingungan. Polisi menuduh  saya  pengedar narkoba  namun mereka  tidak menemukan  barang bukti atau saksi apapun atas tuduhan mereka.

 

• lswandi  Chandra,  teman saya pun menjelaskan bahwa  sebenamya saya tidak terlibat sama sekali dalam urusan  narkoba. Polisi  yang memaksanya menunjukkan kawanan pengedar narkoba. Kebetulan saat itu saya menelponnya untuk bertemu, dan polisi mengira saya bagian dari kawanan. Karena takut maka ia  mengiyakan   saja  saat  .polisi  menanyakan apakah  saya  adalah  pengedar narkoba. Saya amat emosi waktu itu mendengar penjelasannya itu dan spontan memukulnya.

• Para polisi amat marah dan langsung mengeroyok saya. Akibat pengeroyokan itu saya luka-luka dan tangan saya patah. Polisi sempat bicara,  "baru juga mau dibebasin malah macem-macem! sudah kita jadikan tersangka sajal" Para polisi ini pun dengan kekerasan memaksa saya mengaku. Mereka mengikat, memukuli, menelanjangi dan juga menyetrum kemaluan saya.

 

•  Polisi  kemudian menjadikan saya tersangka (Laporan Polisi Nomor LP/421N/2011/PMJ/Dit Narkoba tanggal 13 Mei 2011), membuat banyak BAP yang saya tidak setujui isinya. Saya  terus menerus ditahan sampai saat ini. Semua proses hukum ini amat membingungkan bagi saya. Pengadilan Negeri Jakarta Timur tidak mau  mendengarkan keterangan saya. Malahan majelis hakim  berkeras berdasar BAP polisi  menyatakan saya bersalah dan memutuskan hukuman 10 (sepuluh) tahun penjara (Putusan no. Reg. Perkara PDM-232/JKT-TMR/09/2011). Saya tidak bersalah dan menuntut proses hukum yang adil.

Saya  mohon  Bapak  bersedia  menindaklanjuti pengaduan  ini.  Demikian saya sampaikan dan atas perhatian dan bantuannya saya ucapkan terima kasih.

 

 


Jakarta, 17 Pebruari 2012

 

Hormat saya,


Edih Kusnadi

bantuan hukum
 - advokat lutfi
29.08.12 21:33
bagi keluarga, sahabat, teman yang terkait dengan masalah diatas segera hubungi posbakumadin PN Jakarta Timur agar dapat diberikan bantuan hukum gratis "bagi warga miskin/tidak mampu" BAP tersangka dalam tingkat penyidikan cacat hukum/batal demi hukum bila tersangka tidak didampingi Penasehat Hukum, begitu juga dengan surat dakwaan dan tuntutan jaksa cacat hukum.. lihat Yurisprudensi MARI No. 367 K/Pid/1998 tanggal 22 Mei 1998 yang berbunyi : - Menyatakan penuntutan Jaksa/Penuntut Umum tidak dapat diterima ; - Memerintahkan Terdakwa segera dibebaskan dari tahanan Rutan ; - Memerintahkan Pengadilan Negeri Sengkang untuk mengembalikan berkas perkara, yaitu Berita Acara Pemeriksaan Jaksa/Penuntut Umum pada Kajari Sengkang yang selanjutnya menyerahkan kepada Penyidik Polri ; - Membebankan biaya perkara dalam setiap tingkat kepada Negara
Astagfirllah
 - Muhammad Siswadi
17.08.12 23:15
bersabar dan berusahalah kawan,q disini cuma bisa mendoakan agar km segera dpat keadilan.percayalah kalau Allah akan membantumu.semoga polisi yg menfitnahmu segera diberi petunjuk oleh Allah SWT.
kapolri harus menindak tegas
 - swardi aritonang
25.07.12 17:49
diminta kapolri harus menindak tegas penyidik yang melakukan penganiyaan krn samapi saat ini polisi masih berlaku tradisi kekerasan dalam melakukan penyidikan
upaya hukum terpidana dalam salah tangkap
 - Deta Christiana
15.06.12 18:05
apakah bapak sudah memiliki kuasa hukum ? bapak bisa meminta bantuan hukum ke Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta tanpa dipungut biaya. Mengenai kasus bapak, mengingat status bapak sudah menjadi terpidana karena putusan yang diberikan kepada bapak sudah memperoleh kekuatan hukum yang tetap, maka bapak dapat mengajukan upaya hukum luar biasa yaitu Peninjauan Kembali. tetapi bapak atau kuasa hukum bapak, keluarga bapak harus mencari sebuah novum baru atau bukti baru. Novum baru ini ialah bukti baru atau keadaan baru yang menimbulkan dugaan kuat bahwa jika keadaan tersebut sudah diketahui pada saat sidang masih berlangsung, hasilnya akan berupa putusan bebas atau putusan lepas dari segala tuntutan hukum atau tuntutan penuntut umum tidak dapat diterima atau terhadap perkara itu diterapkan ketentuan pidana yang lebih ringan. saya doakan semoga keadilan terbuka dengan mengajukan upaya hukum ini. Tuhan memberkati..
tanggapan
 - suheri
21.04.12 15:22
http://m.facebook.com/note.php?note_id=101507156434527697&refid21
Captcha belum diisi / expired / tidak valid.

NAMA
EMAIL
JUDUL
TANGGAPAN

Seluruh judul dan isi tanggapan adalah tanggung jawab masing-masing penulis tanggapan. Redaksi hukumonline berhak untuk menayangkan atau tidak menayangkan tanggapan dengan mempertimbangkan kepatutan serta norma-norma yang berlaku.