FTUI Rekomendasikan Stiker Pembatasan BBM Bersubsidi
Berita

FTUI Rekomendasikan Stiker Pembatasan BBM Bersubsidi

YLKI menilai teknologi yang ditawarkan FTUI banyak memakan biaya.

Oleh:
FNH
Bacaan 2 Menit
Foto: SGP (Ilustrasi)
Foto: SGP (Ilustrasi)

Sejatinya, langkah pembatasan penggunaan BBM bersubsidi penting dilaksanakan. Hal ini mengingat lonjakan harga minyak dunia bisa mempengaruhi keuangan pemerintah ditambah ketersediaan tambang minyak yang makin langka di Indonesia. Selain itu, kecenderungan peningkatan pengguna dan kuota BBM bersubsidi yang berpotensi meningkatkan besaran subsidi menjadi Rp340 triliun akan mendorong defisit di atas 3 persen.


Hal ini disampaikan oleh Dekan Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI), Bambang Sugiarto, di Jakarta, Senin (4/6). “Indonesia yang semula menjadi negara pengekspor minyak bumi, diprediksi akan menjadi ketergantungan negara pengimpor energi pada tahun 2030 nanti,” kata Bambang.


Namun, kebijakan tersebut tentunya bisa memicu timbulnya masalah-masalah lain di Indonesia, salah satunya adalah proses pendistribusian BBM bersubsidi. Pasalnya, pendistribusian BBM bersubsidi masyarakat tidak semudah pendistribusian BBM yang tidak bersubsidi.


Pendistribusian BBM bersubsidi memiliki celah untuk memungkinkan terjadinya penyelewengan pendistribusian serta penyalahgunaan BBM pada tingkat penyalur dan pengecer. Sementara pada tingkat agen atau pengecer atau Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), peralatan pengisian BBM yang digunakan saat ini tidak dapat mengendalikan pembatasan pembelian BBM oleh pelanggan.


Bambang berpendapat, salah satu langkah yang memungkinkan untuk melakukan pembatasan penggunaan BBM bersubsidi adalah dengan mengeluarkan dua stiker, yaitu Stiker Pengendalian BBM Bersubsidi yang dikeluarkan oleh pemerintah serta Stiker Informasi Spesifikasi RON BBM yang dikeluarkan oleh Gaikindo. Untuk stiker Pengendalian BBM Bersubsidi, lanjutnya, diberikan kepada kendaraan yang berhak menggunakan bahan bakar bersubsidi berdasarkan rekomendasi dan spesifikasi pabrikan.


“Sementara stiker Informasi Spesifikasi RON BBM adalah stiker yang menjelaskan jenis BBM yang seharusnya digunakan sesuai dengan pabrikannya,” katanya.


Bambang menjelaskan, mekanisme untuk penggunaan stiker Pengendalian BBM Bersubsidi ini berbeda denganstiker Informasi Spesifikasi RON BBM. Untuk stiker Pengendalian BBM Bersubsidi, bagi kendaraan baru dan belum terjual, stiker dapat ditempelkan pada kendaraan yang telah selesai produksi sesuai dengan spesifikasi dan rekomendasi dari pabrikan.

Tags: