hukumonline
Senin, 11 Juni 2012
Pengacara Diskors Karena Gigit Polisi
Tercatat dua kali pernah melawan polisi.
M-13
Dibaca: 2197 Tanggapan: 0

Jangan asal menggigit! Mungkin itu pelajaran berharga yang harus diterima Michael DuPree. Pengacara asal Charleston, South Carolina, Amerika Serikat itu terpaksa ‘menganggur sementara’ gara-gara nekat melawan polisi.

Pengadilan Negara Bagian South Carolina menjatuhkan hukuman skors (interim suspension) terhadap DuPree. Hukuman ini berlaku sepanjang proses hukum atas pelanggaran yang dilakukan DuPree berjalan.

DuPree dihukum berdasarkan putusan tertanggal 18 April 2012. Putusan ini sebenarnya hanya meralat putusan sebelumnya tertanggal 13 April 2012 yang menolak permohonan Dewan Kehormatan (Disciplinary Counsel). Dalam permohonannya, Dewan Kehormatan menginginkan DuPree diskors sementara dan karenanya perlu ditunjuk seorang pengacara pengganti untuk menangani klien dari DuPree.

Majelis hakim yang mengeluarkan putusan ini terdiri dari Jean H Toal, John W Kittredge, Kaye G Hearn, dan Donald W Beatty. Nama hakim yang disebut terakhir menyatakan pendapat berbeda. Menurut Donald, putusan tertanggal 13 April 2012 seharusnya tidak dibatalkan.

Dilansir laman www.abajournal.com dan www.postandcourier.com, awal kisah kasus yang berujung pada hukuman DuPree terjadi pada 22 Maret 2012. Ketika itu, DuPree yang tengah mengendarai mobilnya di sekitar wilayah Utah dihentikan oleh petugas polisi. Sebagaimana prosedur baku, petugas memerintahkan DuPree menunjukkan identitas serta keluar dari mobil.

Masalah mulai muncul ketika DuPree menolak perintah petugas. Alih-alih keluar dari mobil, DuPree malah memaki petugas. Akibatnya, DuPree disetrum dengan senapan khusus oleh petugas. Bereaksi, DuPree memukul balik, lalu menggigit tangan petugas tersebut. Beruntung, kolega si petugas berhasil menghentikan aksi perlawanan DuPree.

Atas insiden 22 Maret 2012 itu, DuPree didakwa melakukan penyerangan terhadap petugas, menolak ditahan, perilaku brutal, dan mabuk.

Sebagai bagian dari putusan, majelis hakim Pengadilan Negeri South Carolina menunjuk Jack D Cordray sebagai pengacara pengganti untuk melindungi kepentingan klien yang tengah ditangani DuPree, sepanjang DuPree menjalani hukuman. Otoritas Coldray meliputi berkas-berkas kasus beserta rekening-rekening terkait yang selama ini ditangani DuPree. 

Insiden 22 Maret 2012 di Utah sebenarnya bukan ‘ulah’ pertama DuPree. Oktober 2003, DuPree tercatat pernah ditahan polisi lantaran membuat gaduh di Charleston Riverview Hotel.

Seperti kasus di Utah, DuPree juga melakukan perlawanan ketika hendak diamankan polisi. Sebelum polisi datang, DuPree dikabarkan bertengkar dengan istrinya serta dua orang lain yang mencoba melerai. Meskipun sempat bermuara ke pengadilan, kasus ini akhirnya dibatalkan karena masa penahanan 30 hari DuPree berakhir.

Dikutip dari laman pribadi resminya, DuPree sebenarnya ‘pemain baru’ di dunia kepengacaraan. DuPree baru terjun menjadi pengacara pada tahun 2003. Sebelumnya, selama 14 tahun, DuPree menjadi jaksa penuntut di Charleston County.

Sumber:
www.abajournal.com 
www.postandcourier.com
www.sccourts.org 

Share:
tanggapan
Belum ada tanggapan untuk ditampilkan pada artikel ini.
Kirim Tanggapan
Nama
Email
Judul
Tanggapan
Jika anda member Hukumonline, silahkan login, atau Daftar ID anda.