hukumonline
Sabtu, 16 Juni 2012
Hukumonline Bahas Jual Beli Online Bersama Kaskuser
Red
Dibaca: 2810 Tanggapan: 0
Hukumonline Bahas Jual Beli Online Bersama Kaskuser
Panitia dan narasumber berfoto bersama Kaskuser. Foto: Sgp

Perkembangan teknologi informasi, khususnya internet, telah membawa banyak pengaruh pada aspek kehidupan manusia. Salah satu aspek itu adalah kegiatan bisnis. Pengaruh teknologi informasi terhadap kegiatan bisnis bak dua sisi mata uang. Di satu sisi menawarkan kelebihan, tetapi di sisi lain juga terdapat kekurangan.

Sulit dipungkiri, perkembangan teknologi informasi menciptakan begitu banyak kemudahan untuk manusia dalam berbisnis. Namun, di balik itu, ternyata teknologi informasi juga membawa sejumlah risiko. Yang paling nyata adalah risiko hukum.

Sebagai suatu inovasi, perkembangan teknologi informasi tentunya bergerak jauh lebih maju ketimbang hukum. Makanya, permasalahan yang muncul terkait teknologi informasi adalah kekosongan hukum. Tahun 2008, Indonesia memang sudah resmi memiliki hukum siber pertama yakni UU No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Namun, sebagian kalangan masih memandang undang-undang tersebut masih belum bisa menjawab tuntas permasalahan hukum terkait teknologi informasi.

Membahas hal-hal yang dipaparkan di atas, hukumonline bekerjasama dengan Kaskus menggelar acara gathering sub Forum Melek Hukum, pada 3 Juni 2012. Sesuai namanya, acara ini memang sengaja digelar sebagai wadah interaksi antara hukumonline selaku pengasuh sub Forum Melek Hukum di Kaskus dengan komunitas pengguna laman Kaskus yang populer disebut Kaskuser.

Bertempat di kantor Kaskus di bilangan Rasuna Said, acara gathering berlangsung menarik dan hangat. Sekitar 30 Kaskuser tampak antusias mengikuti acara diskusi yang menghadirkan narasumber Managing Director Hukumonline Andika Gunadarma dan ahli hukum telematika Dr Edmon Makarim. Nama narasumber terakhir adalah salah satu bidan lahirnya UU  Informasi dan Transaksi Elektronik.  

Melek Hukum adalah salah satu sub forum di Kaskus yang mulai beroperasi sejak November 2011. Sub forum ini sengaja disediakan untuk pengguna Kaskus yang ingin mengetahui bagaimana hal-hal yang ditemui dalam kehidupan sehari-hari dilihat dari kaca mata hukum. Tema-tema diskusi yang dipilih cenderung disesuaikan dengan pengguna kaskus yang mayoritas dari kalangan muda (21-30 tahun). Tak hanya itu, hukumonline juga ikut berdiskusi dalam topik-topik diskusi yang digagas kaskuser-kaskuser lain.

Share:
tanggapan
Belum ada tanggapan untuk ditampilkan pada artikel ini.
Kirim Tanggapan
Nama
Email
Judul
Tanggapan
Jika anda member Hukumonline, silahkan login, atau Daftar ID anda.