hukumonline
Jumat, 13 Juli 2012
Menkeu Terbitkan Peraturan Bantuan Sosial
Tugas baru kuasa pengguna anggaran kementerian atau lembaga.
inu
Dibaca: 2527 Tanggapan: 0
Menkeu Terbitkan Peraturan Bantuan Sosial
Menkeu terbitkan peraturan bantuan sosial. Foto: Sgp

Pemerintah mengeluarkan aturan menata alokasi dan pengolahan dana belanja sosial berjalan tertib, efisien, ekonomis, transparan, efektif, dan bertanggungjawab. Demikian Peraturan Menteri Keuangan No. 81/PMK.05/2012 tentang Belanja bantuan Sosial pada Kementerian/Lembaga (K/L).


Dalam PMK yang ditandangani Menteri Keuangan Agus Martowardoyo 1 Juli 2012, disebutkan belanja bantuan sosial adalah pengeluaran berupa transfer uang, barang atau jasa yang diberikan oleh Pemerintah Pusat/Daerah kepada masyarakat guna melindungi masyarakat dari kemungkinan terjadinya risiko sosial, meningkatkan kemampuan ekonomi dan/atau kesejahteraan ekonomi. Demikian kutipan PMK seperti diunggah di situs Sekretariat Kabinet, Kamis (12/7).


Dijelaskan risiko sosial berupa kejadian atau peristiwa dan berpotensi menimbulkan kerentanan sosial yang ditanggung oleh individu, keluarga, kelompok, dan/atau masyarakat sebagai dampak krisis sosial, krisis ekonomi, krisis politik, fenomena alam, bencana alam. Apabila tidak diberikan belanja bantuan sosial akan semakin terpuruk dan tidak dapat hidup dalam kondisi wajar. Demikian Pasal 1 ayat (1) PMK ini.


Disebutkan, anggaran belanja bantuan sosial disusun oleh K/L dan dialokasikan dalam APBN yang dipisahkan dari unsur biaya operasional satuan kerja penyelenggara bantuan sosial, biaya pencairan dan penyaluran bantuan sosial, serta biaya-biaya yang timbul dalam rangka pengadaan barang dan jasa.


PMK menguraikan pemberi bantuan sosial merupakan K/L yang tugas dan fungsinya terkait dengan penanganan kemungkinan terjadinya risiko sosial, meningkatkan kemampuan ekonomi, dan/atau kesejahteraan masyarakat.  Sementara penerima bantuan sosial terdiri dari perorangan, keluarga, kelompok, dan/atau masyarakat yang mengalami keadaan yang tidak stabil sebagai akibat dari situasi krisis sosial, ekonomi, politik, bencana, dan fenomena alam agar dapat memenuhi kebutuhan hidup minimum.


Penerima bantuan sosial termasuk juga lembaga nonpemerintah di bidang pendidikan, kesehatan, keagamaan, dan bidang lain yang berperan untuk melindungi individu, kelompok dan/atau masyarakat dari kemungkinan terjadinya risiko sosial, meningkatkan kemampuan ekonomi, dan/atau kesejahteraan masyarakat.


Bantuan sosial yang disalurkan terdiri atas uang, barang, dan/atau jasa, yang anggarannya sudah dituangkan dalam DIPA K/L, demikian Pasal 4 ayat (7) dan Pasal 5 PMK itu.


Ketentuan penerima bantuan sosial dilakukan berdasarkan hasil seleksi oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) K/L berdasarkan pedoman yang dikeluarkan oleh Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) K/L.


Pencairan dana belanja bantuan sosial itu yang disalurkan dalam bentuk uang dilakukan melalui pembayaran langsung dari rekening kas umum negara ke rekening penerima bantuan sosial pada bank/pos atau ke rekening bank/pos penyalur. Sedangkan penyaluran barang dan/atau jasa dilakukan dengan cara pembayaran langsung dari rekening kas umum negara kepada penyedia barang dan/atau jasa yang telah menandatangani kontrak pengadaan dengan PPK.


PMK ini menguraikan, bahwa KPA bertanggung jawab atas pencapaian target kinerja  penyaluran dana bantuan sosial kepada penerima bantuan. Sementara PPK bertanggungjawab atas pelaksanaan penyaluran dana belanja bantuan sosial kepada penerima bantuan sosial. Sekaligusb menjamin pemberian bantuan sosial telah sesuai dengan peruntukan dan tepat sasaran sebagaimana pedoman yang diberikan oleh KPA.


KPA, menurut PMK ini harus menyusun laporan pertanggungjawaban dana belanja bantuan sosial. Pertanggungjawaban, menurut Pasal 16 ayat (5) PMK ini, paling sedikit memuat jumlah pagu yang disalurkan, realisasi, dan sisa dana yang disetorkan ke rekening kas umum negara.

Share:
tanggapan
Belum ada tanggapan untuk ditampilkan pada artikel ini.
Kirim Tanggapan
Nama
Email
Judul
Tanggapan
Jika anda member Hukumonline, silahkan login, atau Daftar ID anda.