hukumonline
Selasa, 31 Juli 2012
Konglomerat Kuasai Siaran Televisi Digital
Hanya dua pemain baru dari lima zona layanan yang dikuasai konglomerat media.
inu
Dibaca: 1546 Tanggapan: 0
Konglomerat Kuasai Siaran Televisi Digital
Stasiun Televisi ANTV lolos seleksi lembaga penyiaran penyelenggara penyiaran multipleksing (LP3M). Foto: Sgp

Sudah dapat diduga, pemain kuat di bidang siaran televisi yang lolos seleksi lembaga penyiaran penyelenggara penyiaran multipleksing (LP3M) alias penyelenggara televisi digital. Pemain lama itu seperti ANTV, Transcorp, Indosiar, SCTV, Metro TV, dan MNC.


Semua lembaga penyiaran itu ada di lima zona layanan penyiaran. Hal ini terungkap dalam siaran pers tim seleksi seperti diunggah di situs Kominfo, Senin (30/7). Kelima zoan itu adalah Zone Layanan 4 (DKI Jakarta dan Banten), Zone Layanan 5 (Jawa Barat), Zone Layanan 6 (Jawa Tengah dan Yogyakarta), Zone Layanan 7 (Jawa Timur) dan Zone Layanan 15 (Kepulayan Riau).


Pada Zona Layanan 4, LP3M yang diloloskan tim seleksi melalui mekanisme beauty contest ini adalah PT Banten Sinat Dunia Televisi (BSTV), PT Lativi Media Karya (TVOne), PT Media Televisi Indonesia (Metro TV), PT Surya Citra Televisi (SCTV), dan PT Televisi Transformasi Indonesia (Trans TV).


Pada Zona Layanan 5, tim seleksi meloloskan PT Cakrawala Andalas Televisi Bandung dan Bengkulu (ANTV Bandung), PT Indosiar Bandung Televisi (Indosiar Bandung), PT Media Televisi Bandung (Metro TV Jabar), PT RCTI Satu (RCTI Network), dan PT Trans TV Yogyakarta Bandung (Trans TV Bandung).


Lalu, LP3M yang diloloskan tim seleksi menjadi penyelenggara siaran televisi tak berbayar (free to air) Zona Layanan 6 adalah PT GTV Dua (Global TV). Kemudian PT Indosiar Televisi Semarang (Indosiar Semarang), PT Lativi Mediakarya Semarang-Padang (TVOne Semarang), dan PT Media Televisi Semarang (Metro TV Jawa Tengah), serta PT Trans TV Semarang  Makassar (Trans TV Semarang).


Sedangkan Zona Layanan 7, LP3M yang lolos seleksi adalah PT Cakrawala Andalas Televisi (ANTV), kemudian PT Global Informasi Bermutu (Global TV). Lalu, PT Media Televisi Indonesia (Metro TV). Ditambah PT Surya Citra Televisi (SCTV), dan PT Televisi Transformasi Indonesia (Trans TV).


Kemudian untuk Zona Layanan 15, tim seleksi meloloskan PT RCTI Sepuluh (RCTI Network), PT Surya Citra Pesona Media (SCTV Batam), dan PT Trans TV Batam Kendari (Trans TV Batam).


Selain mengumumkan pemenang seleksi, tim juga menyatakan alasan penundaan pengumuman. Sedianya, tim seleksi Kominfo ini harus mengumumkan pada 23 Juli 2012 menjadi 30 Juli 2012.


Tim seleksi beralasan penundaan dilakukan agar evaluasi dan asesmen lebih komprehensif, berhati-hati. Serta mengutamakan aspek profesionalisme dan kepatuhan pada sejumlah peraturan yang berlaku.


Tim Seleksi LP3M menjamin, bahwa seluruh rangkaian seleksi berlangsung sangat obyektif, transparan dan tidak mengutamakan lembaga penyiaran tertentu. Karena seluruh peserta memiliki hak yang sama untuk mengikuti seleksi sesuai peraturan yang berlaku. Sikap kehati-hatian tim seleksi dilakukan agar jangan sampai saat ini dan di kemudian hari mudah berpotensi menimbulkan persoalan hukum.


Dalam pengumumannya tersebut, tim seleksi menuliskan, peserta seleksi yang berkeberatan atas pengumuman hasil tersebut, diberikan kesempatan pada tanggal 31 Juli hingga 2 Agustus 2012 untuk menyampaikan sanggahan secara tertulis yang ditujukan kepada tim.

Share:
tanggapan
Belum ada tanggapan untuk ditampilkan pada artikel ini.
Kirim Tanggapan
Nama
Email
Judul
Tanggapan
Jika anda member Hukumonline, silahkan login, atau Daftar ID anda.