Presiden Ingatkan Bankir dan Perbankan
Berita

Presiden Ingatkan Bankir dan Perbankan

Karena kerap memicu krisis sehingga harus dikelola hati-hati.

Oleh:
ant
Bacaan 2 Menit
Presiden SBY ingatkan bankir dan perbankan. Foto: Sgp
Presiden SBY ingatkan bankir dan perbankan. Foto: Sgp

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta para bankir dan perbankan untuk mengelola sektor tersebut dengan baik sehingga. Hal ini dibutuhkan agar perbankan dapat memberikan kontribusi positif terhadap perekonomian nasional bukan menyeret negara ke dalam krisis ekonomi.

Menurut Presiden, bank dan perbankan sangat penting. Dikala tak ada krisis, maka bank akan berikan kredit, sebagai satu cara untuk menggerakkan perekonomian. Banyak yang difasilitasi dan kemudian hasilnya nyata.

Selain penyaluran kredit, juga ada usaha simpan pinjam dan usaha lain yang diperlukan masyarakat. “Tapi, perbankan sering jadi awal dari malapetaka perekonomian di dunia," kata Presiden saat membuka rapat koordinasi membahas kredit usaha rakyat di Gedung Bank Rakyat Indonesia Jakarta, Jumat (10/8).

Kepala Negara mengatakan krisis 2008 dan 2009, antara lain dipicu krisis perbankan, kolapsnya bank pada tingkat dunia.

"Sekarang krisis 2011-2012 ada bank di Eropa yang sekali 'bail out' AS$100 miliar, setara Rp1.000 triliun. Di negara kita, 1998, krisis perekonomian dahsyat dipicu krisis perbankan," kata Presiden.

Kepala Negara mengatakan, pada krisis 2008 dan 2009, Indonesia hampir saja mengalami permasalahan ekonomi yang pelik. Namun otoritas perbankan segera bergerak cepat sehingga dampak negatif krisis perekonomian dunia terhadap kondisi ekonomi dalam negeri bisa diminimalisir.

Pada 2008-2009, lanjut SBY jika pemerintah tidak cepat mengambil tindakan untuk salah satu bank yang bermasalah, krisis ekonomi seperti 1998-1999 barangkali bisa terjadi lagi.

Tags: