20 Kampus Hukum Paling Top di AS
Jeda

20 Kampus Hukum Paling Top di AS

Versi Super Lawyers, kumpulan para advokat top di AS.

Oleh:
RZK
Bacaan 2 Menit
20 Kampus Hukum Paling Top di AS
Hukumonline

Sebagian mahasiswa hukum mungkin berencana tidak ingin langsung berkarier begitu mereka lulus kuliah nanti. Mereka mungkin ingin kuliah lagi ke jenjang yang lebih tinggi. Pilihannya, bisa dalam negeri atau luar negeri. Dan Amerika Serikat (AS) menjadi salah satu negara tujuan yang paling populer. Buktinya, laman resmi Kedutaan Besar AS untuk Indonesia pernah melansir data bahwa saat ini terdapat 7 ribu WNI yang tengah menimba ilmu di Negeri Paman Sam.

Angka 7 ribu memang mencakup semua bidang studi, tidak hanya hukum. Namun, meskipun tidak ada data spesifik tentang berapa jumlah WNI yang studi ilmu hukum di AS, mahasiswa hukum di Indonesia yang berminat melanjutkan studi ke AS tentunya tidak sedikit. Dan Kedutaan Besar AS untuk Indonesia cukup jeli melihat peluang ini, makanya beberapa hari lalu melalui akun twitter @usembassyjkt, mereka menyebar info 20 kampus hukum paling top di AS.         

Begini bunyi kicauan @usembassyjkt secara lengkap, “Ingin belajar hukum di AS? Ini TOP 20 universitas yg paling bagus dlm bidang hukum. Yuk kita lihat universitas apa saja! http://goo.gl/quBb8”.

Daftar 20 kampus hukum paling top yang disebar @usembassyjkt memang bukan data resmi dari Kedutaan Besar AS atau Pemerintah AS. Akun @usembassyjkt hanya mengutip sebuah artikel dari laman http://www.businessinsider.com. Artikel yang ditulis Erin Geiger Smith and Bianca Male itu memaparkan data yang dilansir www.superlawyers.com, sebuah laman berisi data peringkat yang disusun oleh para advokat beken di AS yang terkenal juga dengan sebutan Super Lawyers.

Dalam menyusun daftar kampus hukum paling top ini, Super Lawyers mendasarkan pada kriteria jumlah alumni kampus tersebut yang menjadi advokat dengan label Super Lawyers. “Ini bukan sistem yang sempurna (ada potensi politisasi), tetapi secara keseluruhan jelas lebih baik berada di dalam daftar itu daripada tidak, apalagi firma hukum suka membangga-banggakan berapa jumlah Super Lawyers mereka,” tulis Erin dan Bianca dalam artikel.

Berikut ini daftar lengkap 20 kampus hukum top di AS versi Super Lawyers:

#1 Harvard Law School

#11 University of California Hastings College of the Law

#2 University of Michigan Law School

#12 The George Washington University Law School

#3 The University of Texas School of Law

#13 Boston University School of Law

#4 University of Virginia School of Law

#14 UCLA School of Law

#5 Georgetown University Law Center

#15 University of Pennsylvania Law School

#6 New York University School of Law

#16 The University of Chicago The Law School

#7 Columbia Law School

#17 Boston College Law School

#8 University of Florida Levin College of Law

#18 Northwestern University School of Law

#9 University of California Berkeley School of Law - Boalt Hall

#19 Stanford Law School

#10 Yale Law School

#20 University of Miami School of Law


Terlepas dari metode dan lembaga yang melansir data tersebut, daftar 20 kampus hukum top versi Super Lawyers sebenarnya masih sejalan dengan ‘pengetahuan umum’ yang beredar di kalangan hukum. Untuk peringkat pertama, misalnya, siapa yang berani meragukan kualitas Harvard Law School sebagai kampus hukum bonafide?

Tags: