hukumonline
Sabtu, 02 Maret 2013
Kopi Arabika Kalosi Dapat Sertifikat Indikasi Geografis.
MYS
Dibaca: 1037 Tanggapan: 0

Direktorat Jenderal Hak atas Kekayaan Intelektual (HKI) Kementerian Hukum dan HAM menyerahkan sertifikat indikasi geografis (IG) Kopi Arabika Kalosi. Penyerahan dilakukan langsung Dirjen HKI Ahmad M. Ramli kepada Bupati Enrekang La Tinro La Tunrung pada 19 Februari lalu. Dengan penyerahan sertifikat ini nama Kalosi Enrekang bisa dipakai untuk jenis barang kopi. Kopi produk Enrekang mendapat perlindungan hukum atas pemakaian Kalosi.

Turut menyaksikan penyerahan sertifikat itu Menteri Perdagangan Gita Wiryawan. Seperti dimuat dalam laman Kementerian Hukum dan HAM, Dirjen HKI Ahmad M Ramli mengatakan momentum penyerahan sertifikat IG bisa meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap indikasi geografis secara khusus, dan HKI secara umum.

Kopi Arabika Kalosi sudah terkenal sejak abad ke-17 dan terkait dengan sejarah kerajaan Enrekang sejak dahulu sebagai kopi terbaik di dunia yang dikenal dengan nama Kopi Kalosi DP. Kopi ini hanya dihasilkan di daerah tertentu yaitu di dataran tinggi Enrekang. Karakteristik produk Kopi Arabika Kalosi mempunyai mutu yang bagus, cita rasa kopi enak, rasa manis, floral dan fragrancesnya sangat kuat.

Share:
tanggapan
Belum ada tanggapan untuk ditampilkan pada artikel ini.
Kirim Tanggapan
Nama
Email
Judul
Tanggapan
Jika anda member Hukumonline, silahkan login, atau Daftar ID anda.