Penyandang Cacat Gugat Disneyland
Jeda

Penyandang Cacat Gugat Disneyland

Penggugat menang di pengadilan federal dengan nilai kerugian sekitar AS$8 ribu.

Oleh:
RZK
Bacaan 2 Menit
Penyandang Cacat Gugat Disneyland
Hukumonline

Arena bermain yang memiliki wahana beragam biasanya menjadi tujuan liburan favorit banyak orang. Nah, arena bermain yang satu ini tentunya tidak asing lagi di telinga anda. Disneyland! Walaupun belum ada di Tanah Air, Disneyland sudah tersebar di sejumlah negara seperti Hong Kong, Jepang, dan tentunya Amerika Serikat.

Lazimnya, tempat hiburan seperti Disneyland memberi kesenangan bagi para pengunjung, tetapi yang namanya musibah bisa terjadi dimana saja. Termasuk di Disneyland. Menurut laman Wikipedia, kecelakaan ternyata cukup sering terjadi di Disneyland, khususnya yang terletak di Anaheim, California.

Pada tahun 1985, Time Magazine melansir data bahwa hampir 100 gugatan dilayangkan ke pengadilan terkait insiden kecelakaan di Disneyland. Sejak Time Magazine melansir data itu, puluhan atau bahkan ratusan gugatan ‘menghujam’ ke Disneyland. Dan, salah satunya adalah gugatan Jose Martinez, seorang penyandang cacat berusia 52 tahun.

Gugatan ini bermula dari peristiwa naas yang dialami Jose pada hari perayaan Thanksgiving tahun 2009. Kala itu, sekira tahun 2009, Jose bersama istri sedang menikmati salah satu wahana semacam perahu di Disneyland bernama “It’s a Small World”. Menjelang rute wahana itu berakhir, perahu yang ditumpangi Jose beserta istri dan sejumlah penumpang lainnya rusak.

Anehnya, penumpang di perahu rusak itu dievakuasi semua, kecuali Jose. Petugas Disneyland berdalih mereka kesulitan mengevakuasi Jose yang karena kondisi tubuhnya harus menggunakan kursi roda. Jose terjebak di dalam wahana itu sekitar 30 menit. Ironisnya, ini adalah kunjungan Jose pertama ke Disneyland sejak terakhir dia berkunjung waktu kecil.

Atas kejadian itu, Jose melalui pengacaranya David Geffen menggugat Disneyland di Pengadilan Distrik Santa Ana. David menyebut kliennya mengalami kepanikan dan tekanan darah tinggi. Dalam gugatan, Jose juga mempersoalkan penanganan pihak Disneyland saat tragedi itu terjadi.

Dikatakan David, saat kejadian, pihak Disneyland memilih untuk menunggu wahana yang rusak itu diperbaiki ketimbang segera memanggil petugas pemadam kebakaran untuk melakukan penyelamatan.

Halaman Selanjutnya:
Tags: