Kompolnas Prihatin Makelar Kasus Merajalela
Aktual

Kompolnas Prihatin Makelar Kasus Merajalela

Oleh:
ANT
Bacaan 2 Menit
Kompolnas Prihatin Makelar Kasus Merajalela
Hukumonline

Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) meminta Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Pol Timur Pradopo agar segera mengambil sikap tegas atas masih eksisnya makelar kasus di wilayah Polda Jawa Timur (Jatim).

"Diduga kuat 'markus' (makelar kasus) di Polda Jatim dilindungi oleh pejabat Polda Jatim. Begitu kuatnya peran markus ini sampai proses penyidikan dapat dikendalikan sesuai keinginan markus, bukan atas penegakan hukum yang berkeadilan," kata Komisioner Kompolnas, M Nasser di Jakarta, Jumat (7/6).

Markus di Polda Jatim banyak, namun ada beberapa yang paling menonjolkarena sangat dekat dengan pejabat Polda di Jatim, misalnya, DJ yang bisa menunda eksekusi pabrik sepatu Cinderela di Sidoarjo dan kasus PT Darmo Green Land, ungkapnya.

"Markus juga masuk Polrestabes Surabaya, misalnya, kasus pencemaran nama baik Sindoro," ucap Nasser.

Kompolnas berharap Kapolri sebagai Bhayangkara sejati dapat menggunakan kewenangan untuk mengusut kasus ini sampai tuntas, walaupun melibatkan pejabat Polri sekalipun, ucapnya, menegaskan.

"Kasus seperti ini diluruskan maka dampak positifnya seluruh jajaran di bawah akan bersih dari rekayasa bermain kasus, dan ini artinya Timur membuktikan bahwa beliau membangun Polri baru sebagai Kapolri reformatif," tukas Nasser.

Tags: