Bank Mutiara Sehat untuk Dijual
Aktual

Bank Mutiara Sehat untuk Dijual

Oleh:
ANT
Bacaan 2 Menit
Bank Mutiara Sehat untuk Dijual
Hukumonline

Direktur Utama Bank Mutiara Sukoriyanto Saputro menyatakan kondisi bank tersebut sangat sehat untuk dijual, sehingga harga yang ditawarkan kepada investor sebesar Rp6,7 triliun sangat relevan.

"Pertumbuhan Bank Mutiara sangat sehat," kata Sukoriyanto di Pekanbaru, Kamis (13/6).

Bank yang dahulu bernama Century tersebut, menurut Sukoriyanto menunjukkan tren positif dalam portofolionya semenjak diambilalih oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) pada 2008, dan berganti nama menjadi Bank Mutiara.

Karena itu, ia mengatakan LPS mulai menawarkan bank tersebut kepada investor dengan harga Rp6,7 triliun yang diharapkan bisa terjual pada tahun ini. Sedangkan, kalau tidak juga laku, maka pada tahun depan akan kembali dijual dengan penawaran harga tertinggi.

"Kemudahan untuk investor asing untuk memiliki bank ini juga sangat besar, karena bisa memiliki 100 persen saham dalam 20 tahun. Sedangkan, pada bank lain hanya diperbolehkan empat persen," katanya.

Ia mengatakan, seluruh proses penawaran Bank Mutiara dilakukan melalui PT Danareksa. Setiap penawaran yang masuk tentunya harus lolos dalam uji kompetensi dan kelayakan dari LPS dan BI.

"Kemungkinan kita bisa mengetahui penawaran yang masuk pada bulan Juni nanti," ujarnya.

Ia mengatakan, pihaknya juga terus melakukan "roadshow" ke luar negeri untuk menawarkan ke investor asing mulai dari Australia, China, Korea Selatan, Thailand hingga Jepang.

Mengenai kinerja Bank Mutiara, ia mengatakan hingga Mei tahun ini total aset sudah mencapai Rp16,2 triliun. Jumlah itu dinilai tumbuh sangat pesat dibandingkan pada kondisi 2008 yang hanya mencapai Rp5 triliun. Dana Pihak Ketiga pada Mei tercatat sekitar Rp13,6 triliun, ekuitas Rp1,2 triliun, dan penyaluran kredit mencapai Rp11,2 triliun dengan LDR 82,4 persen dan NPL net 3,14 persen.

"Target aset kita tahun ini mencapai Rp18 triliun, sedangkan untuk DPK Rp16 triliun dan penyaluran kredit Rp13 triliun," katanya.

Ia menambahkan, tren pertumbuhan tersebut menunjukan masyarakat dan nasabah sudah menilai Bank Mutiara sebagai lembaga keuangan yang bisa dipercaya.

"Masyarakat tidak lagi terpengaruh dengan isu lama karena manajemen terbukti terus memperbaiki kinerja," ujarnya.

Tags: