FH UPH Ajari Logika Hukum kepada Anak SMA
Rechtschool

FH UPH Ajari Logika Hukum kepada Anak SMA

Kali kedua, Universitas Pelita Harapan menggelar summer law program untuk anak SMA.

Oleh:
ALI
Bacaan 2 Menit
Peserta Summer Law Program UPH. Foto: dok. FH UPH
Peserta Summer Law Program UPH. Foto: dok. FH UPH

Dua anak muda beradu argumen cas cis cus berbahasa Inggris. Berpakaian rapih menggunakan jas, salah seorang di antara mereka menjelaskan argumentasinya mengapa penggunaan tembakau perlu diatur. Satu orang lainnya membantah. Mereka memang sedang mempraktikkan simulasi moot court atau peradilan semu.

Bila Anda berpikir bahwa ini peradilan semu biasa untuk para mahasiswa fakultas hukum, maka Anda salah.

Mereka adalah peserta High School Summer Law Program (HSSLP) yang diselenggarakan oleh Fakultas Hukum Universitas Pelita Harapan (UPH). Melalui HSSLP,  UPH mencoba mengajarkan logika hukum kepada anak-anak SMA sejak dini.

Koordinator Penyelenggaran HSSLP Jerry Shalmont menjelaskan simulasi ini adalah final project dari rangkaian Summer Law Program yang sudah berlangsung selama dua minggu. Tahap ini untuk menguji bagaimana logika hukum yang mereka miliki selama pelatihan berlangsung.

“Kami mau memberi kesempatan kepada mereka bagaimana sih sebenarnya rasanya menjadi mahasiswa hukum dan bagaimana mereka merasakan suasana persidangan,” ujarnya kepada hukumonline, Kamis (27/6).

Summer program Ini merupakan ‘gawean’ dari FH UPH kedua kalinya untuk mengenalkan logika hukum kepada anak-anak SMA.  “Tahun lalu, kita mulai dengan basic program, dan tahun ini ada basic dan advance program. Bila tahun lalu hanya seminggu, kali ini penyelenggaraan selama dua minggu,” tuturnya.

Jerry menuturkan basic program lebih fokus kepada hukum Indonesia seperti hukum pidana dan pengetahuan hukum yang umum, sedangkan advance program lebih fokus kepada hukum internasional seperti hukum pidana dan perdagangan internasional.

Tags:

Berita Terkait