KPK Tangkap Anak Buah Hotma Sitompoel
Utama

KPK Tangkap Anak Buah Hotma Sitompoel

Penyidik menemukan uang Rp80 juta dalam tas pegawai MA berinisial DS.

Oleh:
NOVRIEZA RAHMI/AGUS SAHBANI
Bacaan 2 Menit
Sejumlah pengacara mengaku sebagai penasihat hukum MCB mendatangi KPK. Foto: SGP
Sejumlah pengacara mengaku sebagai penasihat hukum MCB mendatangi KPK. Foto: SGP

Seorang pengacara dari Kantor Hukum Hotma Sitompoel & Associates terjaring dalam operasi tangkap tangan KPK, Kamis (25/7). Juru Bicara KPK Johan Budi mengatakan, penangkapan pengacara berinisial MCB berlangsung di kantor Hotma, Jl Martapura 3, Jakarta Pusat sekitar pukul 13.20 WIB.

Selain menangkap MCB, KPK juga menangkap seorang pegawai MA berinisial DS saat mengendarai ojek di bilangan Monas. Johan menjelaskan, sekitar pukul 11.30 WIB, DS mendatangi kantor MCB. Sepulang dari kantor MCB, DS membawa sebuah tas cokelat selempang.

“Ketika DS ke luar dari kantor MCB, sudah menenteng tas cokelat. Kemudian, penyidik KPK mencegat karena mendapat informasi ada penyerahan uang. Setelah dia naik kendaraan roda dua, dia diamankan alias ditangkap. Dalam tasnya, kami menemukan uang pecahan seratus ribu,” papar Johan.

Menurut Johan, penyidik masih melakukan pemeriksaan terhadap DS dan MCB. Status keduanya masih terperiksa dan belum ditetapkan sebagai tersangka. Penyidik menemukan uang sekitar Rp80 juta dalam tas DS dan menemukan uang lainnya di rumah DS saat melakukan penggeledahan.

Hingga kini, penyidik belum menyimpulkan status perkara DS dan MCB. Penyidik masih memiliki waktu 1x24 jam untuk menentukan ada atau tidaknya tindak pidana korupsi. Apabila penyidik sudah memiliki dua alat bukti yang cukup, kedua terperiksa akan dinaikkan statusnya menjadi tersangka.

Johan mengaku belum mengetahui maksud pemberian uang dari MCB kepada DS. Penyidik masih menelusuri apakah pemberian uang kepada DS berkaitan dengan penanganan suatu perkara.

Kalangan wartawan sempat menanyakan apakah penangkapan MCB berkaitan dengan kasus dugaan korupsi simulator SIM dengan terdakwa Djoko Susilo. Kebetulan, Hotma Sitompoel menjadi pengacara Djoko Susilo.

Halaman Selanjutnya:
Tags: