KPK: Polri Harus Serius Berubah
Aktual

KPK: Polri Harus Serius Berubah

Oleh:
ANT
Bacaan 2 Menit
KPK: Polri Harus Serius Berubah
Hukumonline

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Adnan Pandu Praja meminta Polri untuk serius berubah menjadi institusi yang lebih baik di masa mendatang.

"Karena lembaga pengawasan tidak begitu berfungsi di parlemen, maka semua tergantung Polri. Kalau Polri mau serius berubah, mungkin KPK tidak banyak kerjaan lagi," kata Adnan di Jakarta, Senin (30/9).

Ditemui usai melakukan pertemuan dengan sejumlah instansi di Kantor Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas), Adnan mengungkapkan perlunya Polri untuk berubah menjadi lebih baik. Pertemuan itu juga dilakukan guna mengevaluasi kinerja kepolisian dengan duduk bersama dengan sejumlah jajaran Polri.

"Makanya tadi semua sepakat, KPK, Kompolnas, Komnas HAM, kalau Polrinya benar, kita enggak ada kerjaan. Mungkin KPK tinggal urus pencegahan," katanya.

Adnan mengungkapkan kesan bahwa Kejaksaan Agung lebih baik dari Polri seharusnya bisa memacu lembaga kepolisian untuk bisa lebih baik.

Khusus dalam pemberantasan korupsi, ia juga meminta Polri untuk mengaplikasikan modul antikorupsi dalam pendidikan kepolisian sebagaimana di ajarkan dalam instansi atau lembaga lain.

"Sekarang 'kan sudah banyak modul antikorupsi di berbagai perguruan tinggi. Masuk dong itu di Akpol, PTIK, supaya seirama dengan yang ditempat lain," katanya.

Tags: