Senin, 07 Oktober 2013
Ratusan Pekerja Siemens Batam Mogok
ANT
Dibaca: 2021 Tanggapan: 0

Sekitar 300 orang pekerja PT Siemens Hearing Instruments Batam kembali melakukan mogok kerja, Senin (7/10), karena pihak perusahaan tidak menepati kesepakatan yang sudah dibuat kedua pihak sekitar sebulan yang lalu.

"Kami terpaksa melakukan mogok kerja karena somasi risalah sebelumnya tidak dijalankan perusahaan," kata koordinator aksi pekerja Asep Budiman, di Batam, Senin.

Pihak perusahaan mengingkari dua kesepakatan yang dibuat sebelumnya yaitu memberikan pekerja kebebasan berserikat dan mengangkat sekitar 100 pekerja agen tenagakerja CV Dwi Guna yang dipekerjakan di Siemens menjadi karyawan permanen PT Siemens Hearing Instruments Batam.

Asep mengatakan rencananya mogok kerja akan berlangsung hingga November 2013, sesuai dengan surat yang sudah dikirimkan ke manajemen perusahaan.

"Kecuali pihak manajemen mau menandatangani perjanjian bersama. Karena sebenarnya kepercayaan kami sudah hilang," kata dia.

Menurut Asep, saat ini produktifitas di PT Siemens Hearing Instruments Batam hanya sekiar 20 sampai 30 persen akibat pekerjanya mogok.

Ia mengatakan perusahaan itu mempekerjakan sekitar 600 orang dan 300 orang di antaranya mogok kerja. Dan dari 300 pekerja yang tersisa, tidak semuanya bekerja siang ini, karena sebagian terjadwal sebagai pekerja malam.

Mogok kerja yang dilakukan pekerja PT Siemens Hearing Instruments Batam itu sudah kedua kalinya, sebelumnya dilakukan pada awal September 2013.

Saat itu pekerja menghentikan mogok karena pihak manajemen berjanji menuruti kemauan pekerja untuk membuat serikat dan mengangkat pekerja kontrak agen tenagakerja CV Dwi Guna sebagai karyawan tetap PT Siemens Hearing Instruments Batam.

Menurut Asep, pengangkatan pekerja CV Dwi Guna menjadi karyawan tetap PT Siemens Hearing Instruments Batam itu merupakan usulan dari Dinas Tenaga Kerja.

"Karena itu melanggar, dia bentuknya tidak boleh CV, tapi PT. Karena CV, makanya harus diangkat jadi karyawan tetap," kata Asep.

Hingga berita ini diturunkan belum ada tanggapan dari manajemen PT Siemens Hearing Instruments Batam. 

Belum ada tanggapan
NAMA
EMAIL
JUDUL
TANGGAPAN

Seluruh judul dan isi tanggapan adalah tanggung jawab masing-masing penulis tanggapan. Redaksi hukumonline berhak untuk menayangkan atau tidak menayangkan tanggapan dengan mempertimbangkan kepatutan serta norma-norma yang berlaku.