Ini Dia Delapan Advokat Pria Tajir di Dunia
Jeda

Ini Dia Delapan Advokat Pria Tajir di Dunia

Advokat aktivis HAM juga masuk daftar.

Oleh:
CR-16
Bacaan 2 Menit
Haris Salve, advokat India. Foto: www.toplistsmania.com
Haris Salve, advokat India. Foto: www.toplistsmania.com
Profesi advokat di Indonesia identik dengan materi yang berlimpah. Di pemberitaan media massa, misalnya, sosok advokat biasanya diasosiasikan dengan mobil mewah, rumah megah, atau hobi mahal. Stigma ini muncul karena konon tarif jasa hukum seorang advokat sangatlah mahal. Hitungannya bukan lagi pendapatan per bulan sebagaimana lazimnya karyawan perusahaan, tetapi hitungan sudah per jam.

Stigma bahwa advokat adalah profesi tajir (kaya) tidak hanya berlaku di Indonesia, tetapi juga di negara-negara lain di dunia. Sebuah situs pemringkatan, www.toplistsmania.com, bahkan membuat daftar advokat terkaya di dunia dengan merujuk pada tarif konsultasi hukum yang dia terapkan dan jumlah harta kekayaan yang dimiliki.

Berikut ini delapan advokat pria paling tajir di dunia sebagaimana dikutip dari sebuah artikel yang dipublikasikan toplistmania, Februari 2014 lalu:

8. Harish Salve
Salve adalah seorang advokat asal India. Salve tercatat telah mewakili banyak kasus besar. Klien yang pernah menggunakan jasa Salve antara lain berlatar belakang politisi terkemuka, industrialis dan investor. Tarif konsultasi perhari yang dipatok Salve mencapai 30 Lakh. Menurut situs in.coinmill.com, 1 Lakh = 100.000 Rupee, sedangkan 1 Rupee = Rp200, maka 30 Lakh = sekitar Rp560 juta.

7. Jose Baez
Baez tercatat memiliki kekayaan senilai AS$5 juta atau setara Rp57 milyar. Sebelum akhirnya masuk dalam daftar advokat terkaya, Baez sempat mengalami masa-masa sulit. Baez bahkan sempat bangkrut sehingga tidak diakui oleh Florida Bar. Tahun 2005, Baez bangkit dan berkat kegigihannya, dia menjadi salah satu advokat paling sukses di Amerika Serikat.

6. Vernon Jordan
Jordan merupakan aktivis hak sipil. Dia fokus pada isu persamaan hak asasi, khususnya hak untuk tidak diperlakukan diskriminatif berdasarkan ras. Jordan lulus dari Howard University of Law dan menjadi asisten Donal L. Hollowel yang juga terkenal sebagai advokat hak sipil. Selama bekerja untuk Hollowel, Jordan memegang peranan besar dalam memenangkan kasus diskriminasi ras melawan University of Georgia. Jordan ditaksir memiliki kekayaan senilai AS$12 juta atau sekitar Rp136 miliar. 

5. Thomas Mesereau
Thomas Mesereau mulai populer karena membela Raja Pop (alm) Michael Jackson pada 2005. Dia dikenal karena rasa kemanusiannya dan kasus-kasus kelas kakap yang dia tangani. Keseluruhan harta yang dimiliki Thomas bernilai AS$25 juta atau sekitar Rp284 miliar.

4. John Branca
Branca terkenal lantaran sering menangani kasus-kasus terkait dunia hiburan. Saat remaja, Branca merupakan anggota band dan memilih jurusan musik saat kuliah. Lalu, Branca melanjutkan kuliah di UCLA School of Law mengambil spesialis entertainment law.  Kekayaan yang dimilikinya sebesar AS$50 juta atau sekitar Rp564 miliar.

3. Wichai Thongthan
Thongthan kini juga menggeluti dunia bisnis, dikenal sebagai advokat yang mewakili mantan Perdana Menteri Thailand Thaksin Shinawatra. Thongthan diprediksi memiliki kekayaan sebanyak AS$1 miliar dolar.

2. Benjamin Civiletti
Pada tahun 2005, Civiletti sempat menjadi advokat dengan bayaran sekitar AS$1000 perjam atau sekitar Rp11 juta. Sejauh ini, data tarif Civiletti tahun 2014 memang tidak diketahui, namun toplistmania.com meyakini Civiletti mengalami perkembangan karier yang sangat pesat, sehingga diperkirakan tarif Civiletti juga bertambah.

1. Albert Stainoz
Stainoz adalah advokat asal Amerika Serikat yang dikenal sebagai perfeksionis. Sepanjang kariernya, prosentase kemenangan Stainoz mencapai 99.31 persen yang menang di pengadilan. Dalam sejam, Stainoz memberlakukan tarif AS$15000 atau sekitar Rp171 juta perjam.
Tags:

Berita Terkait