Ini Dia Advokat Wanita Paling Tajir di Dunia
Jeda

Ini Dia Advokat Wanita Paling Tajir di Dunia

Kartini Muljadi, advokat wanita yang termasuk dalam daftar orang terkaya di Indonesia.

Oleh:
CR-16
Bacaan 2 Menit
Ana Quincoces, advokat wanita yang juga juru masak. Foto: www.therichest.com
Ana Quincoces, advokat wanita yang juga juru masak. Foto: www.therichest.com
Peran wanita di dunia hukum semakin menguat bersaman dengan emansipasi wanita yang terus berkembang. Kondisi ini lalu melahirkan banyak advokat wanita, beberapa di antaranya meraih kesuksesan yang salah satu ukurannya adalah materi yang berlimpah. Advokat-advokat wanita sukses itu termasuk dalam daftar advokat paling tajir (kaya) di dunia.

Mau tahu siapa saja advokat wanita paling tajir di dunia versi www.toplistsmania.com dan www.therichest.com? Berikut ini daftarnya:

Stacey Gardner
Dengan jumlah kekayaan sebesar AS$1 juta atau sekitar Rp11 miliar, Stacey Gardner berhasil masuk dalam daftar advokat wanita terkaya di dunia versi toplistmania. Advokat kelahiran Beverly Hills, California, Amerika Serikat ini menyelesaikan pendidikan hukum di Southwestern Law School. Uniknya, selain menjadi advokat, Gardner juga berprofesi menjadi model. Gardner berhasil sukses di dunia hukum maupun di dunia modelling.

Vikki Ziegler
Advokat wanita asal New Jersey, Amerika Serikat ini termasuk dalam daftar advokat paling tajir di dunia versi toplistmania karena memiliki kekayaan sebesar AS$2,5 juta atau sekitar Rp28 miliar. Selain menjalani profesi advokat, Vikki Ziegler juga dikenal sebagai  selebritis dan penulis. Vikki Ziegler mendapat gelar legislature dari Quinnipiac College School of Law. Dia mengawali kariernya sebagai pegawai pengadilan lalu membuka firma sendiri.

Ana Quincoces
Wanita keturunan Cuba-Amerika ini bukan hanya advokat tetapi juga juru masak dan bintang acara televisi. Dia dibesarkan di Miami, Florida, Amerika Serikat dan pernah mengeluarkan buku masak berjudul Cuban Chicks Can Cook, yang menjadi best-seller. Menurut therichest Ana memiliki kekayaan sebanyak AS$8 juta atau sekitar Rp90 miliar.

Terkaya di Indonesia
Advokat wanita terkaya tidak hanya ada di Negeri Paman Sam, Indonesia juga memiliki seorang advokat wanita terkaya yakni Kartini Mulyani. Partner sekaligus pendiri kantor hukum Kartini Muljadi dan Rekan ini termasuk dalam daftar 50 orang terkaya di Indonesia versi majalah internasional Forbes.

Dikutip dari www.forbes.com, Kartini Muljadi menduduki peringkat 19 dari daftar 50 orang terkaya di Indonesia tahun 2013. Setahun sebelumnya, wanita berusia 83 tahun itu berada di ranking 18. Forbes menaksir kekayaan Kartini mencapai AS$1,42 miliar.

Uniknya, meski berprofesi sebagai advokat, sebagian besar pundi-pundi kekayaan Kartini justru bukan berasal dari profesi tersebut. Berdasarkan data Forbes, mayoritas kekayaan Kartini Muljadi berasal dari perusahaan-perusahaan yang dibangunnya bersama keluarga seperti Tempo Scan Group dan Indika Group.

Dikutip dari buku “Satu Abad Kelulusan RS-RHS-Fakultas Hukum Universitas Indonesia”, Kartini Muljadi sebenarnya mengawali karier di dunia hukum sebagai hakim. Ketika itu, setelah lulus kuliah tahun 1958, Kartini memutuskan untuk berkarier sebagai hakim. Namun, karier sebagai pengadil hanya dijalani Kartini sampai tahun 1973.

Meninggalkan profesi hakim, Kartini Muljadi beralih menjadi notaris. Di era 1970-1980, Kartini dikenal sebagai notaris papan atas yang jasanya kerap digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar. Bersamaan dengan itu, Kartini mulai menjadi dosen untuk mata kuliah hukum perdata dan hukum acara perdata.

Tahun 1990-an, setelah pensiun dini dari jabatan notaris, Kartini mulai membangun karier sebagai advokat dengan mendirikan Kartini Muljadi dan Rekan. Dalam perjalanannya, kantor hukum yang didirikan Kartini itu berkembang pesat. Secara pribadi, sepak terjang Kartini pun semakin diperhitungkan oleh perusahaan-perusahaan maupun instansi pemerintah.
Tags:

Berita Terkait