Advokat Zambia Raih Outstanding Woman Lawyer Award 2014
Berita

Advokat Zambia Raih Outstanding Woman Lawyer Award 2014

Presentasi mengenai terpilihnya Kankasa-Mabula akan dilakukan pada saat konferensi IBA World Women Lawyers ke-6 digelar di Paris, Perancis, 8-9 Mei 2014.

Oleh:
CR-16
Bacaan 2 Menit
Foto: www.modernghana.com
Foto: www.modernghana.com
Setelah melewati tahap nominasi yang dibuka resmi sejak Maret 2014 lalu, dan kemudian tahap penjurian, International Bar Association (IBA) akhirnya mengumumkan siapa penerima penghargaan Outstanding Woman Lawyer Award 2014. Melalui siaran pers, Senin (14/4), IBA menyebut nama Dr Tukiya Kankasa-Mabula sebagai Outstanding Woman Lawyer Award2014

Dijelaskan IBA, Outstanding Woman Lawyer Award 2014 adalah penghargaan yang diberikan sebagai pengakuan atas keprofesionalan yang bersangkutan dalam mendorong wanita untuk mengejar karier di bidang hukum,dan memberikan kesempatan bagi wanita dalam profesi hukum.

Rencananya, presentasi mengenai terpilihnya Kankasa-Mabula akan dilakukan pada saat konferensi IBA World Women Lawyers ke-6 digelar di Paris, Perancis, 8-9 Mei 2014.

Diwartakan dalam siaran pers, Kankasa-Mabula mengaku senang dan bangga atas penghargaan yang dia terima. Kankasa-Mabula menganggap Outstanding Woman Lawyer Award 2014 adalah inspirasi bagi dirinya untuk berbuat lebih banyak. Dia bertekad akan memberikan panutan kepada seluruh advokat perempuan muda.

“Pesan yang sering saya sampaikan kepada rekan-rekan dan pengacara muda adalah untuk tidak pernah berkompromi dengan integritas profesional dan pribadi kita,” ujar Kankasa-Mabula.

Saat ini, atas penunjukan dari Kepala Negara pada tahun 2007, Kankasa-Mabula menjabat sebagai Deputi Gubernur Administrasi Bank of Zambia. Di posisi ini, Kankasa-Mabula bertanggung jawab langsung terhadap kinerja Direktur Pelayanan Hukum. Sebelumnyaia menjabat sebagai Sekretaris di Bank of Zambia (1998-2007).

Penerima Outstanding International Woman Lawyer Award
Penerima Asal Negara
2012 – Chief Olufolake Solanke Nigeria
2010 – Anne-Marie Hutchinson OBE England
2006 – Dianna Kempe Bermuda
2003 – Judge Navi Pillay South Africa
2001 – Helvi Sipilä Finland
Sumber: www.ibanet.org

Prestasi yang diraih Kankasa-Mabula menuai pujian. Salah satunya dari Sekretaris Kehormatan Law Association of Zambia, Linda Kasonde. Dia memuji kiprah Kankasa-Mabula yang berkenan memanfaatkan ilmu hukum yang didapatnya dari Universitas Harvard dan UniversitasLondon tanpa pamrih untuk mendidik mahasiswa hukum di Universitas Zambia. Kankasa-Mabula mengajar selama 18 tahun di Universitas Zambia.

Menurut Kasonde, Kankasa-Mabula adalah seorang aktivis kesetaraan gender yang sangat bersemangat dan konsisten. Selain itu, Kankasa-Mabula juga dianggap memiliki kontribusi penting dalam pembangunan hukum di Zambia melalui perannya sebagai co-editor Zambia Law Reports, Komisaris Komisi Pembangunan Hukum, Anggota Kelompok Kerja Reformasi Hukum, dan Ketua Komite Hak Anak dari Komisi Hak Asasi Manusia.

Kasonde menambahkan, Kankasa-Mabula merupakan mentor di program Alchemy Women in Leadership National Mentorship. Program ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah perempuan yang menyelesaikan pendidikan mereka dan jumlah perempuan dalam posisi pengambilan keputusan.

"Dr Kankasa-Mabula adalah sumber inspirasi bagi banyak pengacara perempuan di negeri ini baik sebagai seorang akademisi dan seorang wanita karier. Menurut saya tidak ada calon yang lebih layak untuk penghargaan prestisius ini,” kata Kasonde di bagian akhir surat nominasi untuk Kankasa-Mabula.

Pujian lain berasal dari tim juri Outstanding International Woman Lawyer Award. Salah seorang anggota tim juri, Gabrielle H Williamson JD, menilai Kankasa-Mabula memiliki semangat dan karakteristik yang dimiliki oleh seluruh kandidat Outstanding Woman Lawyer Award 2014.

“Sangat menyentuh mengetahui bahwa perempuan dalam berbagai cara menginspirasi dan mendorong satu sama lain untuk memenuhi potensi mereka dan menciptakan peluang untuk mewujudkan hal itu,” kata Gabrielle.
Tags:

Berita Terkait