Pemilu Bukanlah Faktor Utama Perlambatan Sektor Properti
Aktual

Pemilu Bukanlah Faktor Utama Perlambatan Sektor Properti

Oleh:
ANT
Bacaan 2 Menit
Pemilu Bukanlah Faktor Utama Perlambatan Sektor Properti
Hukumonline
Pemilu legislatif yang telah berlangsung 9 April 2014 bukanlah menjadi faktor utama dari terjadinya perlambatan sektor properti yang terindikasi dengan menurunnya tingkat penjualan pada kuartal pertama tahun 2014.

"Dampak pemilu meski bukan faktor utama perlambatan pasar properti, namun cukup membuat para pengembang melakukan strategi efisiensi karena berbarengan dengan melambatnya pasar properti yang ada," kata kata Direktur Eksekutif LSM Indonesia Property Watch Ali Tranghanda dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Selasa (15/4).

Ali Tranghanda mengungkapkan bahwa tingkat penjualan di kuartal awal tahun 2014 diperkirakan menurun terutama untuk segmen menengah atas karena pengembang memilih untuk tidak melakukan ekspansi lebih jauh sampai tahun 2015.

Meskipun banyak pihak melihat potensi peningkatan penjualan properti yang ada pascapemilu, lanjutnya,tetap pasar properti membutuhkan waktu untuk mencapai keseimbangan baru sehingga tidak langsung meningkat.

Selain itu, Bank Indonesia (BI) diperkirakan masih akan melakukan tren kenaikan suku bunga acuan BI Rate meskipun lebih berhati-hati sambil melihat respon pasar.

Untuk itu, Ali mengimbau para pengembang sebaiknya dapat mengantisipasi kondisi tren pasar yang ada sambil melihat pergerakan pasar yang mulai bergeser ke segmen pasar menengah.
Tags: