Golf Beri Nilai Positif untuk Profesi Advokat
After Office

Golf Beri Nilai Positif untuk Profesi Advokat

Bermain golf itu bermain melawan diri sendiri.

Oleh:
CR-16
Bacaan 2 Menit
Aksi salah satu peserta HKHPM Golf Tournament 2014. Foto: RES
Aksi salah satu peserta HKHPM Golf Tournament 2014. Foto: RES

Kejujuran, kontrol diri, integritas, gentleman, dan be yourself. Itulah kata-kata positif yang terlontar dari beberapa advokat penggemar golf ketika ditanya hukumonline tentang olahraga yang mereka geluti. Intinya, mereka ingin menyampaikan bahwa dalam golf terkandung nilai-nilai positif yang mungkin saja bermanfaat untuk profesi.

Edward Lontoh mengatakan golf berbeda dengan olahraga kebanyakan. Dalam golf, kata Edward, pemain bermain bukan untuk mengalahkan orang lain sebagai lawan. Menurut dia, pemain golf justru harus melawan dirinya sendiri. Makanya, kontrol diri dan tidak emosional menjadi kunci dalam olahraga gol.

“Golf berbeda dengan olahraga lain karena olahraga lain biasanya ada lawannya, tetapi golf 75 persen lawannya adalah diri sendiri, sehingga dalam permainan ini pemain harus bisa kontrol diri jika ingin bermain bagus,” tutur Edward kepada hukumonline di sela-sela HKHPM Golf Tournament 2014 di Sentul, Minggu (15/6).

Edward mengaku menerapkan nilai-nilai positif yang dia peroleh dari golf untuk kehidupan sehari-hari. Selain kontrol diri dan menahan emosi, Edward juga belajar tentang kejujuran dari olahraga golf.

Sementara itu, Pendiri dan Partner Soemadipradja and Taher, Hafzan Taher memuji golf sebagai olahraga yang paling sportif. Dalam golf, kata Hafzan, pemain dituntut untuk jujur dalam menghitung skor. “Dalam golf kita melawan diri sendiri, dengan golf itu kelihatan apakah kita emosional atau tidak jujur,” ujarnya.

Founding Partner Iskandarsyah and Partners, Reno Iskandarsyah berpendapat golf adalah olahraga yang mengajarkan kita untuk menjadi diri sendiri (be yourself). Setiap orang bermain golf, kata Reno, pasti memiliki gaya memukul sendiri yang berbeda dengan gaya memukul orang lain.  

“Kita jadilah diri sendiri tunjukkin diri sendiri bahwa kita punya value dan kualitas bagus untuk menjadi seorang lawyer, implementasinya ke situ,” papar Reno yang turut berpartisipasi dalam HKHPM Golf Tournament 2014.

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait