Jawa Barat Raih Desa Sadar Hukum Terbanyak
Aktual

Jawa Barat Raih Desa Sadar Hukum Terbanyak

Oleh:
MYS
Bacaan 2 Menit
Jawa Barat Raih Desa Sadar Hukum Terbanyak
Hukumonline
Jawa Barat mendapat predikat sebagai provinsi terbanyak desa/kelurahan sadar hukum. Laman Kementerian Hukum dan HAM menyebutkan Jawa Barat memiliki 675 desa/kelurahan sadar hukum. Jawa Tengah, jawara tahun 2012, memiliki 132 desa/keluarahan sadar hukum. Peresmian desa sadar hukum itu dilakukan Menteri Hukum dan HAM, Amir Syamsudin, pada 19 Agustus lalu di Bandung, Jawa Barat.

Pemerintah provinsi Jawa Barat juga memberikan dukungan program dan anggaran untuk desa sadar hukum tertinggi disbanding provinsi lain. Ada hadiah 10 juta per desa/kelurahan sadar hukum, di luar anggaran pembinaan dan penilaian.

Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Jawa Barat bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat juga mencanangkan Hukum Nasional, dengan menyusun Peraturan Kepala Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) tentang Kriteria Sekolah Dasar Hukum.  Garut menjadi daerah kabupaten contoh yang telah melakukan lomba pelajar sadar hukum. Tahun lalu ditandatangani pula  Prasasti Forum Pelajar Sadar Hukum untuk SMA Negeri 27 Kota Bandung.
Tags: