Kisah Jimly Jadi Bintang Iklan
Jeda

Kisah Jimly Jadi Bintang Iklan

Beberapa pejabat negara lain juga pernah menjadi bintang iklan.

Oleh:
RZK
Bacaan 2 Menit
Prof. Jimly Asshiddiqie. Foto: Sgp
Prof. Jimly Asshiddiqie. Foto: Sgp
Menjadi bintang iklan mungkin impian bagi sebagian orang yang ingin meretas jalan menjadi figur publik. Namun, ada kalanya bintang iklan justru berasal dari orang yang terlebih dulu menjadi figur publik. Misalnya artis atau bahkan pejabat. Salah satunya adalah Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Jimly Asshiddiqie.

Belakangan ini, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu wara-wiri di layar kaca menjadi bintang iklan produk Maspion, produsen perkakas rumah tangga. Mengenakan batik lengan panjang dan kopiah, dalam iklan itu, Jimly berdiri bersanding dengan Presiden Direktur PT Mapsion, Alim Markus.

“Cintailah produk-produk Indonesia,” ucap Jimly dan Alim secara bersamaan mengucapkan tagline khas iklan Maspion.

Menariknya, di iklan tersebut, tertulis nama lengkap “Jimly Asshiddiqie” beserta jabatannya terkini, “Ketua DKPP”. Hal sama juga terjadi ketika Ketua DPR Marzuki Alie menjadi bintang iklan produk yang sama. Seperti halnya Jimly, Marzuki lengkap dengan jabatannya “Ketua DPR” tampil di iklan bersama sang bos Maspion, Alim Markus.

Ditemui usai sebuah acara seminar di Gedung Komisi Yudisial, Selasa lalu (9/9), Jimly mengaku tidak menyangka dirinya akan tampil sebagai bintang iklan Maspion. Jimly bercerita, awalnya dia diundang ke pabrik Maspion di Sidoarjo, Jawa Timur untuk memberikan ceramah.

“Oh itu saya ceramah di sana (di pabrik Maspion), kemudian direka, ya boleh-boleh,” kata Jimly.

Jimly menegaskan penampilan dirinya di iklan Maspion itu tidak dibayar. “Tidak, tidak dibayar, (karena) tidak boleh pejabat negara,” ujarnya sambil tertawa.

Berdasarkan catatan hukumonline, pejabat negara menjadi iklan memang bukan hanya Jimly dan Marzuki. Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara Dahlan Iskan juga pernah menjadi bintang iklan produk jamu obat masuk angin, Tolak Angin.

Lalu, ada juga Mahfud MD. Mantan Ketua MK itu menjadi bintang iklan produk yang sama dengan Dahlan tetapi merk yang beda, yakni Bintang Toedjoe. Uniknya, penampilan Dahlan dan Mahfud terjadi ketika keduanya tengah bertarung dalam konvensi calon presiden Partai Demokrat. Sebagian kalangan menuding kedua tokoh itu tampil di iklan untuk mendongkrak popularitas.

Pejabat negara lainnya adalah Deddy Mizwar. Wakil Gubernur Jawa Barat itu menjadi bintang iklan makanan sosis, So Good, dan larutan penyegar. Deddy sempat dipersoalkan oleh sebagian masyarakat Jawa Barat karena tetap aktif di layar kaca, melalui iklan dan sinetron, meskipun sudah menjabat Wakil Gubernur Jawa Barat. Bedanya dengan pejabat negara lain yang beriklan, Deddy justru mengawali kariernya di dunia keartisan sebelum ke panggung politik.
Tags:

Berita Terkait