Jumlah Putusan di Website MA Mencapai Satu Juta
Berita

Jumlah Putusan di Website MA Mencapai Satu Juta

Harus bisa dimanfaatkan oleh para mahasiswa, akademisi dan praktisi hukum.

Oleh:
RED/Ali
Bacaan 2 Menit
Gedung MA. Foto: SGP.
Gedung MA. Foto: SGP.

Prediksi Panitera Mahkamah Agung (MA) Soeroso Ono bahwa pada akhir Oktober akan terupload satu juta putusan di situs Direktori Putusan MA ternyata “meleset”. Target itu sudah tercapai pada Rabu malam (24/9) sekira pukul 19.50 WIB.

“Alhamdulillah, kita harus mensyukuri. Ini prestasi pengadilan di bidang keterbukaan informasi,” ujar Soeroso saat dikonfirmasi melalui ponselnya, Rabu malam (24/9) sebagaimana dilansir situs resmi Kepaniteraan MA.

Tercapainya satu juta putusan lebih cepat dari prediksi Panitera MA, diduga kuat karena pengadilan tertantang dengan prediksi Panitera MA tersebut. Hal ini terlihat dari progress harian publikasi putusan yang meningkat pasca diturunkannya berita tersebut.

Tercatat dalam sistem Direktori Putusan bahwa publikasi putusan bulan September sampai tanggal 25 berjumlah 43.531 putusan. Jumlah ini merupakan rekor tertinggi yang pernah dicapai dalam publikasi putusan dalam setiap bulannya.

Jumlah putusan yang di-publish periode Januari sampai 25 September 2014 berjumlah 314 .979 putusan. Jumlah ini melampaui capaian publikasi putusan tahun 2013 yang berjumlah 306.450 putusan.

Sebelumnya, Direktur Van Vollenhoven Institute for Law, Governance and Development, Prof. Dr. Jan Michiel Otto menilai bahwa salah satu hasil dari reformasi hukum di Indonesia adalah mudahnya akses terhadap putusan pengadilan. “Sudah ada banyak kasus-kasus (putusan-putusan pengadilan) yang tersedia di internet,” ujarnya.

“Dulu, sangat sulit untuk memperoleh putusan-putusan itu, bagaimanapun caranya. Dulu susah, kini semuanya sudah ada di internet,” tambahnya kepada hukumonline, pertengahan Juni lalu.

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait