Ini Lima Menteri Lulusan Fakultas Hukum di Kabinet Jokowi
Berita

Ini Lima Menteri Lulusan Fakultas Hukum di Kabinet Jokowi

Dari Undip, UI, USU, UII dan Haagse Hoogeschool.

Oleh:
ALI
Bacaan 2 Menit
Pengumuman Kabinet Kerja Jokowi-JK, Minggu (26/10). Foto: @Pak_JK
Pengumuman Kabinet Kerja Jokowi-JK, Minggu (26/10). Foto: @Pak_JK

Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla telah mengumumkan para menterinya dalam kabinet kerja. Total ada 34 menteri, minus jaksa agung yang belum diumumkan, dalam kabinet itu. Dari 34 menteri tersebut, tercatat ada lima menteri yang merupakan alumnus fakultas hukum dari dalam maupun luar negeri.

Siapa sajakah mereka?

1.  Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo
Tjahjo masuk Fakultas Hukum Universitas Diponegoro (FH Undip) Semarang pasca lulus sekolah menengah atas pada 1976. Tjahjo akhirnya meraih gelar sarjana hukum dari kampus tersebut pada 1985.

Semasa kuliah, Tjahjo dikenal aktif berorganisasi. Ia tercatat sebagai Ketua Biro Organisasi Kominte Nasional Pemuda (KNPI) Jawa Tengah dari 1983-1985. Lulus kuliah, aktivitas Tjahjo di KNPI tak berhenti. Ia bahkan mencapai puncak kariernya di KNPI dengan menjabat Ketua Umum DPP KNPI 1990-1993.

Tjahjo juga sudah berkiprah sebagai anggota DPR pada 1987 dan 1992 dari Partai Golkar. Pasca reformasi, Tjahjo bergabung dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan menjadi anggota DPR sejak 1999. Puncak kariernya di partai adalah sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP hingga akhirnya kini dia diangkat sebagai menteri dalam negeri (Mendagri) oleh Jokowi-JK.

2. Menteri Luar Negeri, Retno LP Marsudi
Retno merupakan alumnus jurusan Ilmu Hubungan Internasional dari Universitas Gajah Mada angkatan 1981. Setelah berkarier sebagai diplomat, Retno meneruskan pendidikannya ke Belanda, untuk mempelajari hukum uni eropa (European Law). Ia memperoleh gelar master European Law dari Haagse Hogeschool, Belanda.

Wanita yang kini tercatat sebagai Menlu perempuan pertama Indonesia ini terakhir menjabat sebagai Duta Besar Indonesia untuk Belanda. 

3. Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly
Yasonna Hamonangan Laoly merupakan alumnus Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara (USU) pada 1978. Usai menggondol gelar sarjana hukum, Yasonna melanjutkan pendidikan ke Virginia Commonwealth University 1986 dan North Carolina University 1994, serta Internship in Higher Education Administration Roanoke College, Salem Virginia, USA 1983-1984.

Tags:

Berita Terkait