Website KPK Dinilai Paling Transparan
Berita

Website KPK Dinilai Paling Transparan

Disusul website Kementerian Keuangan dan Kementerian Kesehatan.

Oleh:
YOZ/ANT
Bacaan 2 Menit
Foto: www.kpk.go.id
Foto: www.kpk.go.id
Sepuluh Kementerian/Lembaga (K/L) menerima penghargaan e-Transparency Award 2014 sebagai website Terbaik dengan empat kriteria penilaian, yakni user experience, tata kelola situs, transparansi kinerja, dan transparansi keuangan. Penghargaan disampaikan dalam acara Penganugerahan Situs Terbaik Kementerian & Lembaga dalam Transparansi Kinerja dan Anggaran, Kamis (20/11), di Jakarta.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan dan RB), Yudi Chrisnandi, menyerahkan penghargaan kepada urutan terbaik pertama, kedua dan ketiga yang diraih Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kementerian Keuangan, dan Kementerian Kesehatan.

Tujuh K/L lain yang menerima penghargaan ini secara berurutan adalah Kementerian Perindustrian, Badan Pengawas Obat dan Makanan, Badan Koordinasi Penanaman Modal, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Koordinator bidang Pembangunan Manusian dan Kebudayaan, Kementerian Perdagangan, dan Kementerian Badan Usaha Milik Negara.

Selain penghargaan kepada situs website terbaik, empat K/L juga mendapat predikat sebagai website progressive. Mereka adalah Kementerian Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Kementerian Kebudayaan dan Pendidikan Dasar dan Menengah, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika, dan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Keempat Kementerian tersebut dinilai mengalami peningkatan perolehan nilai yang signifikan dari tahun sebelumnya.

Berikut sepuluh Website K/L Terbaik: 1. Komisi Pemberantasan Korupsi. 2. Kementerian Keuangan. 3. Kementerian Kesehatan. 4. Kementerian Perindustrian. 5. Badan Pengawas Obat dan Makanan. 6. Badan Koordinasi Penanaman Modal. 7. Kementerian Komunikasi dan Informatika. 8. Kementerian Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan. 9. Kementerian Perdagangan. 10. Kementerian Badan Usaha Milik Negara.

Menanggapi hal ini, Ketua KPK Abraham Samad mengatakan, sebagai lembaga penegak hukum, pihaknya berupaya untuk memberikan akses kepada publik melalui media, termasuk website, yang bisa diakses oleh semua masyarakat. "Transparansi dalam mengakses informasi melalui website diyakini akan menjadi kontrol yang baik bagi badan kami," katanya.

Menurut dia, melalui website yang dikelola oleh KPK, portal antikorupsi, majalah, televisi, radio dan lain sebagainya dapat turut berpartisipasi untuk memantau kinerja KPK. "Kami meyakini transparansi misalnya dalam penggunaan anggaran merupakan salah satu cara yang efektif dalam menekan pertumbuhan korupsi," ujarnya.

Abraham menuturkan, kementerian dan lembaga melalui media website dapat menyampaikan semua informasi mengenai kinerja lembaga, anggaran, laporan keuangan, dan rencana kegiatan yang dapat dipantau oleh masyarakat luas.

"KPK sejak diberlakukannya UU No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik terus berupaya memperbaiki akses informasi dan mempermudah akses masyarakat untuk mendapatkan informasi dari lembaga kami," katanya lagi.

Dia menjelaskan penghargaan terhadap KPK tidak terlepas dari kinerja para staf yang selalu tanggap dalam melayani kebutuhan informasi publik. Untuk itu, kata dia, penghargaan ini selain dipersembahkan untuk KPK juga untuk publik yang terus mendukung KPK dalam melakukan perbaikan.

"Kami tidak hanya puas pada penghargaan ini tapi berbagai inovasi akan kami kembangkan dalam rangka memperkuat partisipasi publik untuk mendukung pemberantasan korupsi," tambahnya.
Tags:

Berita Terkait