Kota Gudeg Jadi Pusat Peringatan Hari Anti Korupsi Internasional
Berita

Kota Gudeg Jadi Pusat Peringatan Hari Anti Korupsi Internasional

Beragam kegiatan akan digelar mulai dari seminar hingga konser musik.

Oleh:
RED
Bacaan 2 Menit
Foto: festivalantikorupsi.org
Foto: festivalantikorupsi.org
Kota Gudeg, Yogyakarta mendapat kehormatan menjadi lokasi pusat peringatan Hari Anti Korupsi Internasional (HAKI), Festival Antikorupsi 2014. Acara yang diprakarsai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) itu akan digelar selama tiga hari, 9-11 Desember 2014 di Grha Sabha Pramana, Universitas Gadjah Mada (UGM).

Dijelaskan dalam siaran pers yang diterima hukumonline, Minggu (8/12), KPK menyatakan Festival Antikorupsi 2014 merupakan momentum untuk membangun kesadaran dan pemahaman masyarakat, mengusung gerakan sosial serta membangun budaya antikorupsi. KPK berharap masyarakat luas bisa terlibat secara aktif dalam menjalankan agenda besar pemberantasan korupsi.

Soal pemilihan lokasi acara, KPK memilih Yogyakarta karena kota dengan julukan Kota Pendidikan ini termasuk dalam 10 besar dengan indeks integritas tertinggi tingkat daerah tahun 2013. Yogyakarta juga mendapatkan skor tertinggi dalam Survei Persepsi Masyarakat (SPM) terkait Pemilu Berintegritas 2014 dan peringkat tertinggi indeks tata kelola Indonesia Government Index.

“Selain itu, di Kota Gudeg ini pula, salah satu pilot project program ‘Pencegahan Korupsi Berbasis Keluarga’ dijalankan,” jelas KPK dalam siaran pers.

Peringatan HAKI kali ini mengusung tema “Tegakkan Integritas”. Tema ini dipilih karena KPK ingin membumikan makna integritas sebagai salah satu dari sembilan nilai antikorupsi. Rencananya, dalam rangka menyampaikan pesan dari tema “Tegakkan Integritas”, KPK akan menggelar sejumlah kegiatan antara lain pameran, panggung apresiasi, seminar dan diskusi, serta lomba seni dan budaya.

Khusus untuk pameran, KPK juga sekaligus menggelar lelang barang gratifikasi serta pemeran integritas yang diikuti 118 kementerian/lembaga, BUMN/BUMD, swasta, pemerintah daerah, lembaga pendidikan, LSM, komunitas, media massa dan usaha kecil dan menengah (UKM).

Acara lain yang akan digelar adalah seminar dan diskusi dengan sejumlah tema antara lain pencegahan korupsi berbasis keluarga, peningkatan kesejahteraan rakyat yang berkeadilan, dan saya perempuan antikorupsi.

Untuk lebih memeriahkan rangkaian peringatan HAKI, KPK juga akan menggelar karnaval budaya gerakan antikorupsi dengan rute jalan Solo hingga berakhir di Kridosono. Lalu, akan digelar pula Konser Musik Antikorupsi “Gropyokan Korupsi” dan Proklamasi Antikorupsi yang menghadirkan grup band ternama seperti Gigi, Navicula, Superman is Dead, Jogja Hiphop Foundation, Shaggy Dog, dan Symphoni.

Merujuk pada agenda yang dilansir di situs www.festivalantikorupsi.org, selama tiga hari Festival Antikorupsi 2014 juga akan disemarakkan dengan acara standup comedy, gamelan dan tari Mbah Surup, pertunjukan film bertema anti korupsi, pertemuan komunitas mahasiswa anti korupsi, dan acara talkshow Mata Najwa spesial dengan tema “Revolusi Bersih”. 
Tags:

Berita Terkait