Fakultas Syariah dan Hukum UIN Gelar Lawyear 2014
Berita

Fakultas Syariah dan Hukum UIN Gelar Lawyear 2014

Diwarnai kompetisi futsal, tari saman, dan debat.

Oleh:
M-22
Bacaan 2 Menit
Kompetisi tari Saman yang digelar dalam UIN Lawyear 2014. Foto: @uinlawyear_2014
Kompetisi tari Saman yang digelar dalam UIN Lawyear 2014. Foto: @uinlawyear_2014

Menutup tahun 2014, Himpunan Mahasiswa Program Studi Ilmu Hukum, Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah (FSH UIN) Jakarta menggelar acara ”UIN Lawyear 2014”. Ini adalah edisi kedua dari Lawyear yang pertama kali diadakan tahun 2013 lalu. 

UIN Lawyear merupakan acara yang sengaja digelar dalam rangka memperingati hari lahirnya program studi Ilmu Hukum UIN Jakarta. Program studi ilmu hukum resminya dibentuk UIN pada Juli 2008.

Untuk UIN Lawyear tahun ini, tema yang diusung ”Dedikasi Untuk Bangsa”. Ketua Panitia Pelaksana, Khairul Atma menjelaskan makna di balik tema tahun ini. Menurut dia, mahasiswa adalah agen perubahan di Republik ini. Melalui UIN Lawyear, mahasiswa FSH UIN ingin menunjukkan kepedulian mereka terhadap perkembangan ilmu hukum di Indonesia.

”Kepedulian itu direpresentasikan dengan adanya lomba debat se-jabodetabek sebagai bagian dari UIN Lawyear 2014,” kata Khairul.

Ragam acara menghiasi perhelatan UIN Lawyear 2014 yang sudah dimulai sejak November 2014 lalu hingga akhir Desember 2014 nanti. Untuk olahraga, UIN Lawyear 2014 menggelar kompetisi futsal yang ditujukan khusus untuk mahasiswa UIN. Awal Desember 2014 lalu, kompetisi futsal telah berakhir dengan kampiun tim futsal Federasi Olahraga Mahasiswa

Untuk seni, UIN Lawyear 2014 menggelar kompetisi Ratoeh Jaroe atau tari Saman, tarian khas asal Negeri Rencong, Aceh. Berbeda dengan kompetisi futsal, kompetisi Ratoeh Jaroe melibatkan partisipan yang lebih luas yakni universitas dan sekolah menengah atas/sekolah menegah kejuruan.

Berakhir akhir November 2014 lalu, tim tari Saman Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 4 Jakarta berhasil menggondol trofi juara pertama. Ketua tim tari Saman MAN 4 Jakarta, Suci Rahmadiyanti mengaku senang berhasil menyabet juara pertama. Suci mengaku tim tari yang dipimpinnya seringkali berhasil menjadi yang terbaik dalam lomba-lomba tari Saman lainnya.

Halaman Selanjutnya:
Tags: