Ahli: Penyelesaian Masalah Perusakan Hutan Harus Utamakan Musyawarah
Berita

Ahli: Penyelesaian Masalah Perusakan Hutan Harus Utamakan Musyawarah

Adanya persinggungan antara kawasan hutan dengan tanah perkebunan, sebelumnya sudah pernah diupayakan penyelesaiannya lewat Perppu No. 51 Tahun 1960 tentang Larangan Pemakaian Tanah Tanpa Izin.

Oleh:
RED
Bacaan 2 Menit
Achmad Sodiki. Foto: Humas MK
Achmad Sodiki. Foto: Humas MK

Mantan hakim konstitusi, Achmad Sodiki kembali hadir di ruang sidang Mahkamah Konstitusi (MK), Senin (22/12). Kali ini, Sodiki hadir sebagai ahli terkait perkara pengujian UU Nomor 18 Tahun 2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan (UU P3H) serta UU Nomor 41 Tahun 1999 tentang Kehutanan yang dimohonkan oleh WALHI dan organisasi lingkungan hidup lainnya.

Sodiki menegaskan bahwa pelaku perusakan hutan di wilayah kehutanan tidak bisa serta-merta dikenai sanksi pidana. Cara penyelesaian masalah dengan musyawarah harus diutamakan. Pernyataan Sodiki tersebut terkait erat dengan bunyi Pasal 1 angka 3 UU P3H yang digugat oleh Para Pemohon.

Adanya persinggungan antara kawasan hutan dengan tanah perkebunan, menurut Sodiki, sebelumnya sudah pernah diupayakan penyelesaiannya lewat Perppu No. 51 Tahun 1960 tentang Larangan Pemakaian Tanah Tanpa Izin.

Dalam Perppu tersebut dinyatakan bahwa untuk menyelesaikan tanah hutan dan perkebunan haruslah diambil jalan musyawarah terlebih dulu. Jika jalan musyawarah tidak membuahkan hasil, maka menteri agraria (menteri pertanian) akan menetapkan penyelesaian dengan memperhatikan kepentingan rakyat pemakai tanah, penduduk, dan luas tanah yang bersangkutan.

Mengikuti alur pemikiran tersebut, Sodiki menilai tidak tepat pelanggaran Pasal 1 angka 3 UU P3H di wilayah kehutanan serta-merta diterapkan pasal pidana semata, seperti Pasal 82 ayat (1), ayat (2) sampai dengan Pasal 110 huruf b undang-undang a quo.

“Seharusnya, pihak yang berwenang menangani masalah ini dengan hati-hati mempertanyakan apakah perbuatan itu mengenai pemakaian tanah hutan sebagaimana diatur dalam UU Nomor 51 Tahun 1960? Jika ya, maka terlebih dahulu harus diselesaikan dengan cara musyawarah dengan mengingat dan memperhatikan kepentingan pemilik tanah hutan,” jelas Sodiki.

Penyelesaian masalah lewat cara musyawarah harus diutamakan, karena masyarakat hukum adat di sekitar kawasan hutan telah terbiasa mengambil kayu di dalam hutan tersebut. Dengan kearifan lokal yang dijunjung masyarakat adat, Sodiki yakin masyarakat adat tidak akan mengambil kayu dalam rangka pembalakan hutan. Sebab, masyarakat adat paham benar bahwa mereka hidup dan dihidupi dari hutan yang mereka miliki.

Sodiki memberi saran sebaiknya Pemerintah justru melakukan kerjasama dengan masyarakat hukum adat sekitar untuk mencegah aksi perusakan hutan. Peluang kerja sama tersebut dimungkinkan karena diatur dalam Pasal 58 UU P3H yang mengatur peran serta masyarakat dalam pencegahan dan pemberantasan perusakan hutan.

“Dengan demikian penyelesaiannya dilakukan terlebih dahulu dengan musyawarah untuk mengetahui apakah orang tersebut melanggar adatnya sendiri ataukah tidak? Jika perbuatannya sesuai dengan hukum adat mereka sendiri, apakah pantas dituntut dengan pidana? Padahal Konstitusi kita, Pasal 18 UUD 1945 jelas menyatakan negara mengakui dan menghormati kesatuan masyarakat hukum adat beserta hak-hak tradisionalnya sepanjang masih hidup dan sesuai dengan perkembangan masyarakat dan prinsip Negara Kesatuan Republik Indonesia yang diatur dalam undang-undang,” paparnya.

Tags:

Berita Terkait