Kunjungi NU-Muhammadiyah, Jokowi Bahas Terorisme dan Narkoba
Berita

Kunjungi NU-Muhammadiyah, Jokowi Bahas Terorisme dan Narkoba

NU dan Muhammadiyah sepakat dengan hukuman mati terhadap pengedar narkoba.

Oleh:
RED
Bacaan 2 Menit
Presiden Jokowi memberikan keterangan kepada wartawan seusai bertemu pimpinan Muhammadiyah, di Jakarta, Rabu (24/12). Foto: www.setkab.go.id
Presiden Jokowi memberikan keterangan kepada wartawan seusai bertemu pimpinan Muhammadiyah, di Jakarta, Rabu (24/12). Foto: www.setkab.go.id

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah. Saat bertandang ke kantor pusat dua organisasi kemasyarakatan Islam terbesar di Indonesia itu, Jokowi membahas setidaknya dua topik utama yakni terorisme dan narkoba.

Turut mendampingi antara lain Menteri Agama Lukman Hakim Saefudin, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Sekretaris Kabinet Andi Wijayanto.

Seusai pertemuan yang berlangsung tertutup sekitar 45 menit dengan pimpinan Pengurus Besar NU, Jokowi menjelaskan bahwa dirinya ingin meminta pendapat mengenai sejumlah masalah, di antaranya masalah hukuman mati untuk pengedar narkoba, dan masalah terorisme.

“Kami menyampaikan beberapa hal yang berkaitan dengan hukuman mati terutama untuk pengedar narkoba. Di situ kami mohon pandangan dari NU,” kata Jokowi kepada wartawan, sebagaimana diwartakan www.setkab.go.id.

Selain itu, Presiden Jokowi juga meminta pendapat hukuman mati bagi terpidana terorisme dan radikalisme.

“Ketegasan ke depan harus ditingkatkan supaya kita punya kewibawaan,” ujar Jokowi.

PBNU sendiri menyetujui pelaksanaan eksekusi hukuman mati bagi pengedar narkoba. “NU mendukung hukuman mati kepada pengedar narkoba, bukan pengguna,” kata Ketua Umum PBNU Said Aqil Siraj seraya menyebutkan bahwa hukuman mati itu sesuai Al Quran, di mana orang yang berbuat merusak di muka bumi, itu harus dibunuh, disalib dan sebagainya.

Seusai mengunjungi kantor NU, Presiden Jokowi beserta rombongan langsung melanjutkan perjalanannya ke kantor PP Muhammadiyah, di kawasan Menteng, Jakarta Pusat. Kedatangan Presiden Jokowi langsung disambut oleh tokoh senior Muhammadiyah Prof. K.H. Malik Fadjar dan Bambang Sudibyo.

Tags: