Ini Cara Mahasiswa Hukum Mengisi Liburan
Berita

Ini Cara Mahasiswa Hukum Mengisi Liburan

Menyelesaikan skripsi dan kumpul keluarga.

Oleh:
HAG
Bacaan 2 Menit
Mahasiswa Hukum Universitas Halmahera. Foto: Ali (Ilustrasi)
Mahasiswa Hukum Universitas Halmahera. Foto: Ali (Ilustrasi)
Banyak cara yang dilakukan orang saat mengisi waktu senggang. Terlebih lagi bagi mahasiswa hukum yang telah selesai dengan ujian akhir semester.

Andi Aulia Rahman, mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FHUI), mengaku mengisi liburannya dengan jalan-jalan bersama keluarga. Jalan-jalan bersama keluarga di akhir tahun merupakan rutinitas yang dilakukan oleh mahasiswa tingkat empat ini.

Selain liburan bersama keluarga, Andi yang juga menjabat sebagai Ketua BEM UI 2015 ini mengisi liburannya dengan kegiatan organisasi dan kepanitiaan. “Dari zaman maba sampai dengan sekarang, liburan selalu diisi dengan kegiatan organisasi atau kepanitiaan,” ujar Andi kepada Hukumonline.

Tidak hanya diisi dengan kegiatan menghibur diri, Andi juga mengisi liburannya dengan belajar mata kuliah yang akan dia ambil di semester selanjutnya. “Biasanya persiapan buat semester selanjutnya, jadi belajar satu sampai dua minggu sebelum masuk,” tambahnya.

Mahasiswa FHUI yang lain, MJ. Raymond juga memilih berkmpul bersama keluarga di rumah sambil merayakan tahun baru dan Natal dalam mengisi liburan. Selain itu, biasanya dia mengisi liburan dengan membaca buku-buku non-hukum dan juga menonton film. “Udah capek kuliah banyak baca buku hukum, jadi harus diseimbangin,” ujar Raymond.

Sebelumnya, Raymond juga aktif berorganisasi saat masa liburan. Namun, untuk liburan kali ini akan diisi dengan kegiatan yang berbeda. Pasalnya ia baru menyelesaikan amanahnya sebagai Ketua Perfilma (Pers, Fotografi, Film, dan Musik Mahasiswa) FHUI. “Sekarang pertama kalinya liburan bisa santai-santai karena sudah nggak ada beban kepanitiaan atau organisasi. Jadi liburan kali ini ingin mencari inspirasi untuk skripsi,” jelasnya.

Mengisi liburan dengan mengerjakan skripsi juga dilakukan oleh Nanda Narendra, Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta. “Saya mengisi liburan dengan nyicil skripsi, lebih fokus ke skripsi dan riset untuk menyelesaikan skripsi. Saat ini juga saya magang,” ujarnya.

Selain menyelesaikan skripsi dan magang, Nanda juga mengisi liburan dengan berkumpul bersama keluarga dan teman-temannya. “Biasanya jalan-jalan bersama teman-teman, atau kalau sekarang belum ada agenda jadi lebih berkumpul bersama keluarga di rumah,” tambahnya.

Jefri Michel Silalahi, Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Atmajaya juga mengisi liburan dengan menyelesaikan skripsinya. Sedangkan untuk mengisi waktu liburan natal dan tahun baru, dia mengisinya dengan latihan musik bersama dengan teman-temannya dan beribadah.

“Biasanya nongkrong bareng teman-teman abis latihan musik, dan tahun baruan bareng teman-teman,” ujar Jefri.

Sedikit berbeda dengan yang lain, Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas YARSI Fajar lebih memilih ke luar kota untuk menghabiskan waktu liburannya. “Biasanya jalan-jalan sama teman-teman ke luar kota, Malang misalnya,” kata Ketua Senat FH Universitas YARSI ini.

Walaupun mengikuti organisasi, Fajar tidak mengisi liburannya dengan kegiatan rapat organisasi, tetapi memaksimalkan berkumpul bersama keluarga dan teman- teman. “Nggak ada kegiatan organisasi, soalnya liburnya pendek. Dan teman- teman juga fokus untuk liburan,” kata Fajar.
Tags:

Berita Terkait