PA Magetan Tangani 1420 Kasus Perceraian pada 2014
Aktual

PA Magetan Tangani 1420 Kasus Perceraian pada 2014

Oleh:
ANT
Bacaan 2 Menit
PA Magetan Tangani 1420 Kasus Perceraian pada 2014
Hukumonline
Pengadilan Agama Kabupaten Magetan, Jawa Timur, menangani sebanyak 1.420 kasus perceraian yang masuk selama tahun 2014.

"Jumlah tersebut meningkat tipis jika dibandingkan dengan jumlah kasus selama tahun 2013 yang mencapai sekitar 1.342 kasus," ujar Humas Pengadilan Agama Magetan, M. Khairul, kepada wartawan, Senin (5/1).

Menurut dia, dari 1.420 kasus perceraian yang ditangani tahun ini, didominasi oleh cerai gugat yang diajukan oleh pihak istri. Jumlahnya mencapai 925 kasus, sedangkan sisanya sekitar 495 adalah cerai talak yang diajukan suami.

Adapun alasan permohonan perceraian tersebut bermacam-macam. Di antaranya adalah, faktor ekonomi, kurangnya tanggung jawab, hingga perselingkuhan atau pihak ketiga. "Alasan paling mendominasi adalah karena kondisi ekonomi keluarga yang berimbas pada ketidakharmonisan rumah tangga," kata dia.

Sesuai pendataan, perceraian sering menimpa kepada seseorang yang bekerja di luar negeri, baik pihak istri atau suami. Perpisahan yang lama tersebut menimbulkan perselisisihan, perselingkuhan, hingga berakhir pada perceraian. Guna mencegah permohonan perceraian yang masuk, pihak pengadilan agama mengaku telah memberikan mediasi antara kedua belah pihak. Tujuannya adalah rumah tangga kembali harmonis.

"Kami telah memberikan mediasi sebelum permohonan percerain diputus. Namun, tetap saja keputusan berada ditangan kedua belah pihak," tuturnya.

Ia menambahkan, naiknya kasus perceraian tersebut juga sebanding dengan jumlah pengajuan pernikahan dini atau dispensasi nikah selama tahun 2014. Tercatat, selama tahun 2013 permohonan dispensasi nikah mencapai 62 permohonan. sedangkan sepanjang tahun 2014 meningkat menjadi 68 permohonan.

Adapun pemohon perceraian berasal dari berbagai kalangan masyarakat. Mulai pegawai swasta, wisausaha, TKI, hingga pegawai negeri sipil (PNS).
Tags:

Berita Terkait