Rabu, 18 Pebruari 2015
Ini Rekaman Putusan Praperadilan Budi Gunawan
RED
0

Senin kemarin (16/2), Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menjadi pusat sorotan publik. Setelah menggelar sidang selama sepekan, Hakim Sarpin Rizaldi akhirnya membacakan putusan atas permohonan praperadilan yang diajukan Komjen Pol Budi Gunawan. Praperadilan diajukan Budi karena dia keberatan atas penetapan tersangka yang dilakukan KPK sehari menjelang proses uji kelayakan sebagai calon Kapolri.

Dalam putusannya, Sarpin Rizaldi menyatakan mengabulkan sebagian permohonan praperadilan Budi Gunawan. Dalam pertimbangannya, Sarpin menafsirkan penetapan tersangka sebagai salah satu upaya paksa yang masuk dalam lingkup praperadilan.

Sarpin beralasan karena undang-undang tidak mengatur secara jelas apa yang dimaksud upaya paksa, maka hakim berhak menafsirkan apa saja yang dikategorikan sebagai upaya paksa. Ia menilai penetapan tersangka merupakan salah satu upaya paksa karena tindakan itu dilakukan dalam ranah pro justisia.

Untuk mengetahui lebih lengkap putusan praperadilan tersebut, silakan simak rekaman putusan pada tautan laman Youtube berikut ini:

 

Belum ada tanggapan
Captcha belum diisi / expired / tidak valid.

NAMA
EMAIL
JUDUL
TANGGAPAN

Seluruh judul dan isi tanggapan adalah tanggung jawab masing-masing penulis tanggapan. Redaksi hukumonline berhak untuk menayangkan atau tidak menayangkan tanggapan dengan mempertimbangkan kepatutan serta norma-norma yang berlaku.