Uang yang Dipinjam Bonaran Situmeang Disetorkan ke Perusahaan Istri Akil
Utama

Uang yang Dipinjam Bonaran Situmeang Disetorkan ke Perusahaan Istri Akil

Bonaran membantah meminjam uang Rp1 miliar dan memerintahkan menyetorkan ke CV Ratu Samagat.

Oleh:
Novrieza Rahmi
Bacaan 2 Menit
Bonaran Situmeang. Foto: RES.
Bonaran Situmeang. Foto: RES.

Saksi Hetbin Pasaribu menyebutkan uang yang dipinjam Raja Bonaran Situmeang dari Azwar Pasaribu disetorkan ke rekening CV Ratu Samagat milik istri Akil Mochtar. Keterangan itu disampaikan Hetbin saat diperiksa sebagai saksi dalam sidang perkara korupsi Bonaran di Pengadilan Tipikor Jakarta, Kamis (26/3).

Perkenalan Hetbin dan Bonaran bermula saat acara Pertemuan Masyarakat Tapanuli Tengah (PMTT) pada 2011. "Bonaran mengungkapkan dirinya menjadi calon Bupati Tapanuli Tengah. Bonaran menyampaikan visi misinya untuk memajukan masyarakat Tapanuhi Tengah dan meminta bantuan materi," katanya.

Menindaklanjuti permintaan Bonaran, Hetbin memperkenalkan Bonaran kepada dua kerabatnya, Syariful Alamsyah Pasaribu dan Azwar Pasaribu alias Juang Pasaribu. Lalu, saat pertemuan di rumah Bonaran di Era Mas 2000, Pulogebang, Jakarta Timur, Bonaran meminta bantuan uang kepada Syariful dan Azwar.

Hetbin mengatakan, pertemuan di Era Mas 2000 dilakukan saat proses sidang sengketa Pilkada Tapanuli Tengah di Mahkamah Konstitusi (MK). Kemenangan Bonaran dan pasangannya, Sukran Jamilan Tanjung yang sudah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tapanuli Tengah digugat ke MK.

Namun, menurut Hetbin, saat pertemuan pertama di Era Mas 2000, Syariful dan Azwar belum meng-iya-kan permintaan Bonaran. Tidak lama, Bonaran, Hetbin, Syariful, dan Azwar kembali bertemu di Era Mas 2000. Hadir pula Bakhtiar Ahmad Sibarani. Bakhtiar menunjukan SMS dari Akil yang meminta uang 3 ton atau Rp3 miliar.

Berselang beberapa hari, Bonaran memerintahkan Hetbin untuk menjemput ajudannya Daniel Situmeang. Daniel menyampaikan kepada Hetbin, ia diperintahkan Bonaran untuk mengambil uang dari Tomson Situmeang di BNI Rawamangun. Sesampainya di BNI Rawamangun Tomson bersama Ana Sinaga menyerahkan uang Rp1 miliar kepada Daniel.

Selanjutnya, Hetbin menerangkan, Daniel memberitahukan bahwa Bonaran memerintahkan menyerahkan uang Rp1 miliar itu kepada Bakhtiar. Alhasil, Hetbin dan Daniel bertemu Bakhtiar di Hotel Blue Sky. "Kami menyerahkan uang ke Bakhtiar dan bersama Bakhtiar ke Bank Mandiri, tapi banknya sudah tutup," ujarnya.

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait