Ini Cara Ahli Cyber Crime Melacak Admin Akun Anonim Medsos
Berita

Ini Cara Ahli Cyber Crime Melacak Admin Akun Anonim Medsos

Dilihat dari kesesuaian pola tulisan hingga pelacakan IP Address.

Oleh:
Bacaan 2 Menit
Kepala Divisi Hukum ICLC Josua Sitompul saat menjadi pembicara dalam pelatihan digital forensik di Jakarta. Foto: Project Hukumonline.
Kepala Divisi Hukum ICLC Josua Sitompul saat menjadi pembicara dalam pelatihan digital forensik di Jakarta. Foto: Project Hukumonline.

Maraknya akun anonim di media sosial mengkhawatirkan sejumlah pihak. Pasalnya, akun-akun ini kerap dijadikan cara untuk “mendiskreditkan” dan memeras seseorang. Kasus terbaru adalah yang menimpa admin akun anonim @TrioMacan2000 yang cukup populer di twitter. Si pemilik akun diduga berupaya memeras seorang pejabat Telkomsel dengan akun anonim lainnya, @denjaka dan @berantas3.

Lalu, bagaimana sebenarnya cara penyidik melacak akun dan membuktikan pemilik akun-akun anonim itu?

Kepala Divisi Hukum Indonesia Cyber Law Community (ICLC) Josua Sitompul menjelaskan sebenarnya ada beberapa cara untuk melacak seseorang sebagai pemilik atau admin akun anonim itu.

Pertama, melihat dari kesesuaian pola tulisannya. “Kan kadang-kadang ada orang yang membuat satu tulisan itu sangat spesifik. Misalnya, kalau saya ngomong thanks itu ‘tks’, orang lain ‘tx’. Atau mungkin juga dari pola tulisannya yang lain,” ujar Josua kepada hukumonline, Senin (30/3).

Kesesuaian pola tulisan tersebut dapat dilihat dengan cara membandingkan konten yang ada di dalam akun anonim dengan konten yang ada di blog atau website resmi milik orang tersebut, lanjutnya.

Kedua, jelas Josua, pelacakan yang paling akurat adalah melalui pencarian IP address si pelaku. Namun, untuk kasus-kasus jejaring sosial seperti facebook dan twitter, pelacakan IP address susah untuk didapatkan. “Itu (media sosial,-red) kan servernya ada di Amerika, jadi kita itu akan memiliki kesulitan yang signifikan untuk minta IP ke mereka,” ujarnya.

Josua menceritakan pernah memiliki pengalaman yang cukup panjang ketika meminta IP address kepada salah satu media sosial. Disampaikannya, untuk mendapatkan IP address, pemohon harus memenuhi hukum yang berlaku di Amerika. Hal ini lah yang dirasa tidak mudah.

Tags:

Berita Terkait