Densus Bekuk Terduga Teroris di Wajo, Sulsel
Aktual

Densus Bekuk Terduga Teroris di Wajo, Sulsel

Oleh:
ANT
Bacaan 2 Menit
Densus Bekuk Terduga Teroris di Wajo, Sulsel
Hukumonline
Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror menangkap salah seorang buronan daftar pencarian orang (DPO) terduga terorisme, Ambo Ece (36) di Bulutironge, Kecamatan Pitumpanua, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan.

"Iya benar ada penangkapan yang dilakukan oleh Densus 88 di Kabupaten Wajo. Penangkapan itu berlangsung Selasa pagi sekitar pukul 06.30 WITA. Tim Densus 88 itu berjumlah 14 orang saat penangkapan," ujar Kepala Seksi Penerangan Masyarakat Polda Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat, AKBP Andi Masmini di Makassar, Selasa.

Disebutkan, Ambo Ece masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) Densus 88 jaringan Santoso. Densus masih melakukan pendalaman dan pengembangan terhadap pelaku.

Berdasarkan informasi, Ambo Ece terlibat dalam aksi-aksi teror serta terlibat pembunuhan dua anggota Polres Poso Aiptu Sudirman dan Brigadir Andi Sapa di Tamanjeka, Poso, Sulawesi Tengah. Ia adalah salah satu warga Kabupaten Wajo.

Ambo Ece juga masuk jaringan kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT) pimpinan Daeng Koro dan Santoso. Ambo Ece pernah mengikuti pelatihan militer di Kecamatan Walenrang, Kabupaten Luwu, Sulsel serta di Poso, Sulawesi Tengah.

Ambo diketahui beralamat di Bangsalae, Kecamatan Pitumpanua, Kabupaten Wajo. Ambo Ece kemudian bergabung dengan kelompok Mujahidin Indonesia Timur yang dipimpin Santoso dan Daeng Koro.

Dimintai konfirmasi secara terpisah, Kapolres Wajo AKBP Masrur membenarkan penangkapan DPO terorisme itu di wilayah hukumnya. Namun, dia tidak ingin menjelaskan detail soal penangkapan itu.

"Bukan kewenangan kami di Polres yang memberikan pernyataan. Tugas kami di Polres hanya sebatas koordinasi saja," ucap mantan Kasat Reskrim Polrestabes Makassar itu.
Tags: