Bentak Hakim, Sutan Bhatoegana: Ibu Kira Saya Takut Sama Ibu!
Berita

Bentak Hakim, Sutan Bhatoegana: Ibu Kira Saya Takut Sama Ibu!

Sutan meminta maaf telah meninggikan nada suaranya.

Oleh:
NOV
Bacaan 2 Menit
Sutan Bhatoegana di persidangan Pengadilan Tipikor Jakarta. Foto: RES
Sutan Bhatoegana di persidangan Pengadilan Tipikor Jakarta. Foto: RES

Usai pembacaan putusan sela, mantan Ketua Komisi VII DPR Sutan Bhatoegana sempat membentak Ketua Majelis Hakim Artha Theresia Silalahi. Peristiwa ini bermula ketika pengacara Sutan, Eggy Sudjana meminta persetujuan Sutan untuk mengundurkan diri dan tidak lagi mendampingi Sutan selama persidangan.

"Jadi, itu terpulang kepada klien saya. Kalau saya punya dugaan tidak ada yang bisa mendapatkan keadilan. Sejago siapapun lawyer, kalau setting-nya sudah copy paste begini pasti disalahkan. Jadi, saya keberatan mendampingi anda lagi. Kalau anda setuju, saya mundur. Kalau tidak, terserah anda," papar Eggy.

Setelah Eggy mengutarakan niatnya, pertama-tama Artha menanyakan apa yang mau disampaikan Sutan sehubungan dengan penundaan sidang. Namun, Sutan bersikeras ingin menjawab terlebih dahulu pertanyaan Eggy. Mendengar hal itu, Artha meminta agar terlebih dahulu menanggapi penundaan sidang.

"Begini, supaya kita ini tetap di hukum acara. Masalah saudara akan didampingi oleh siapa sebagai penasihat hukum saudara, itu bisa saudara bicarakan sendiri dengan siapapun yang nanti akan saudara tunjuk sebagai penasihat hukum," kata Artha di ruang sidang Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (27/4).

Belum selesai Artha berbicara, Sutan langsung memotong, "Setuju, ibu, ibu Yang Mulia". Melihat sikap Sutan yang memotong pernyataannya, Artha meminta Sutan mendengarkan apa yang ia sampaikan sebelum memberi tanggapan. "Dengarkan saya bicara dulu," ujar Artha yang dijawab Sutan dengan nada tinggi.

"Ibu juga jangan mentang-mentang kalau begitu. Jangan begitu bu," sambar Sutan.

"Bukan, saya kan lagi bicara," ujar Artha.

"Masak ibu langsung bentak saya," jawab Sutan.

"Karena dipotong terus," terang Artha.

"Enggak, orang saya minta izin kok," balas Sutan lagi.

"Dengar dulu," kata Artha.

Akan tetapi, Sutan kembali meninggikan suaranya dan memotong pernyataan Artha. "Ibu kira saya takut sama ibu! Bakal puluhan tahun (saya dihukum), silakan kalau semuanya di-setting begini. Bukan begitu caranya. Saya kan menghormati kemauan beliau, supaya orang juga tahu," tuturnya.

Mendengar itu, Artha kembali meminta Sutan menanggapi terlebih dahulu mengenai penundaan sidang. "Saya tanya, apakah ada tanggapan saudara tentang penundaan sidang untuk pemeriksaan saksi?" tanyanya. Sutan menjawab, "Sebelum itu saya ingin tanggapi ini dulu. Ini kan pernyataan beliau (Eggy) ke saya. Saya mau sampaikan dulu bu."

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait