Berlibur ke Luar Negeri, Cara Lawyer untuk Lari dari Rutinitas
Berita

Berlibur ke Luar Negeri, Cara Lawyer untuk Lari dari Rutinitas

Ada yang memilih Amerika Serikat, ada juga yang menyukai melancong ke Eropa Timur.

Oleh:
RIA/ALI
Bacaan 2 Menit
Pendiri sekaligus Managing Partner HPRP, Constant M Ponggawa. Foto: RES
Pendiri sekaligus Managing Partner HPRP, Constant M Ponggawa. Foto: RES

Pekerjaan sebagai advokat atau lawyer memang kerap menyita waktu. Beban pekerjaan yang berat membuat orang yang menjalani profesi ini, khususnya mereka yang bekerja di firma hukum papan atas, menjadi super sibuk. Di Amerika Serikat, pengacara bahkan tercatat berada di urutan kedua profesi yang kurang tidur.

Nah, di Indonesia, situasi ini juga kurang lebih sama, sehingga waktu liburan benar-benar dimanfaatkan oleh para lawyer atau partner firma hukum untuk keluar dari rutinitas dan juga “kejaran” klien.

Partner Hanafiah Ponggawa & Partners (HPRP) Constant Ponggawa mengaku selalu memilih liburan yang jauh, ke luar negeri, agar bisa rehat sejenak dari rutinitas sehari-hari. “Harus jauh, ingin lari dari rutinitas,” sebutnya kepada hukumonline beberapa waktu lalu.

Bukan bermaksud sombong, ujarnya, namun dengan waktu yang ada itu Constant memilih untuk pergi yang jauh agar dapat terlepas dari gangguan panggilan atau pesan yang masuk ke telepon genggamnya. Waktu liburan juga ia manfaatkan untuk ‘kabur’ dari klien.

“Kalau liburnya masih di sekitaran seperti Bandung, masih dikejar-kejar juga sama klien,” aku lulusan Fakultas Hukum Universitas Kristen Indonesia (FH UKI) ini.

Karena waktu yang sangat terbatas itulah menurut Constant perlu dibuat liburan yang berkualitas.

Di antara tumpukan pekerjaan sebagai lawyer yang membuat stres dengan deadline, yang menyebabkan tugas di rumah sebagai kepala atau ibu rumah tangga pun kadang-kadang terabaikan, maka saat libur adalah saat yang tepat untuk bersosialisasi dengan keluarga, ungkap Constant.

Constant yang memiliki anak yang kini tengah menempuh pendidikan di Los Angeles, Amerika Serikat, tak segan menunjuk Negeri Paman Sam itu sebagai destinasi liburan favoritnya. “Karena anak saya sekolah di sana juga, jadi saya biasanya ke sana,” sebutnya.

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait