OJK Dorong Masyarakat di Pedesaan Agar Well Literate
Berita

OJK Dorong Masyarakat di Pedesaan Agar Well Literate

Selama ini tingkat literasi keuangan masyarakat khususnya masyarakat di pedesaan dan daerah tepencil masih relatif sangat kecil, sekitar 21,84 persen.

Oleh:
M-22
Bacaan 2 Menit
Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad saat MoU dengan Menteri Desa, PDT dan Transmigrasi Marwan Djafar. Foto: M-22
Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad saat MoU dengan Menteri Desa, PDT dan Transmigrasi Marwan Djafar. Foto: M-22

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menandatangani nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. Penandatangan ini bertujuan untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang memiliki tingkat literasi keuangan yang tinggi (well literate). Ruang lingkup kerjasama adalah peningkatan literasi dan akses keuangan, penataan lembaga Badan Kredit Desa (BKD), dan pengembangan Lembaga Keuangan Mikro (LMK).

Selama ini, kata Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad, tingkat literasi keuangan masyarakat khususnya masyarakat di pedesaan dan daerah tepencil masih relatif sangat kecil, sekitar 21,84 persen. Atas dasar itu, program kegiatan literasi, inklusi keuangan serta perlindungan konsumen kepada masyarakat pedesaan dan daerah terpencil menjadi mutlak dilakukan.

“Dari masyarakat yang berumur di atas 17 tahun yang telah melek keuangan, tingkat penggunaan layanan keuangan formal hanya 59,74 persen,” ujarnya saat memberikan sambutan di Gedung Radius Prawiro, Komplek BI, di Jakarta, Senin (29/06).

Berdasarkan data Bank Dunia (World Bank) tahun 2014, lanjut Muliaman, hanya sebesar 36,01 persen penduduk Indonesia atau di atas usia 15 tahun yang telah menggunakan produk lembaga keuangan formal. Sedangkan penduduk di daerah pedesaan yang memiliki account pada lembaga keuangan hanya sebesar 28%.

“Hal ini tentu kurang menggembirakan bagi kita, terutama dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat luas,” ujarnya.

Padahal, mendekatkan layanan keuangan kepada masyarakat bisa menjadi salah satu cara untuk pengentasan kemiskinan. Karena biasanya tingkat kesejahteraan  suatu masyarakat akan sejalan dengan tingkat pengetahuan keuangan dan kedekatannya dengan layanan atau akses keuangan.

“Biasanya kalau dekat dengan uang dan modal, mudah-mudahan tingkat kesejahteraan mereka semakin baik,” harapnya.  

Tags:

Berita Terkait