Capim KPK Dari Unsur Polri Sebanyak 19 Orang
Aktual

Capim KPK Dari Unsur Polri Sebanyak 19 Orang

Oleh:
ANT
Bacaan 2 Menit
Capim KPK Dari Unsur Polri Sebanyak 19 Orang
Hukumonline

Juru bicara Panitia Seleksi Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (Pansel KPK), Betti Alisjahbana mengungkapkan, tercatat ada 19 orang berasal dari Polri yang mendaftar calon pimpinan KPK. "Polri 19, enam di antaranya purnawirawan," kata Betti dalam pesan singkatnya di Jakarta, Selasa (30/6).

Sedangkan profesi lain yang menarik, ungkap Betti, TNI ada empat pendaftar dan dua di antaranya purnawirawan. Jaksa sebanyak tiga, hakim sebanyak tiga, KPK dua dan wartawan empat pendaftar. Dia mengungkapkan hingga kemarin, Senin (29/6) sore, pendaftar calon KPK mencapai 496 orang, 42 di antaranya Perempuan.

"Yang dokumennya sudah lengkap ada 217 pendaftar dan 64 hampir lengkap," kata Betti.

Betti mengatakan profesi, terbanyak adalah pegawai negeri sipil (PNS) mencapai 78 pendaftar. Lalui diikuti dosen 72 orang, advokat 71 orang, pegawai swasta 59 orang, pensiunan 42 orang, wiraswasta 29 orang, Polri 19 pendaftar, TNI ada 4 orang, jaksa 3 orang, hakim 3 orang, KPK 2 pendaftar dan wartawan 4 orang.

Ia mengatakan, pendaftaran akan diutup pada 3 Juli jam 12.00 WIB siang. Sedangkan, pengumuman nama-nama yang lolos seleksi administrasi akan dilaksanakan pada 4 Juli melalui press conference dan di situs www.setneg.go.id. Untuk tanggapan masyarakat terhadap nama-nama yang lolos seleksi administrasi dibuka selama sebulan dari tanggal 4 Juli hingga 3 Agustus 2015.

"Kami akan sediakan halaman khusus di situs www.setneg.go.id untuk memberikan tanggapan," ujar Betti.

Tags: