HUT Bhayangkara, Presiden Minta Mafia Hukum Polri Diberantas
Berita

HUT Bhayangkara, Presiden Minta Mafia Hukum Polri Diberantas

Jokowi juga mengingatkan program Revolusi Mental.

Oleh:
RED/ANT
Bacaan 2 Menit
Presiden Jokowi memeriksa pasukan pada upacara HUT Bhayangkara, di Mako Brimob, Depok, Rabu (1/7). Foto: Setkab RI
Presiden Jokowi memeriksa pasukan pada upacara HUT Bhayangkara, di Mako Brimob, Depok, Rabu (1/7). Foto: Setkab RI

Satu Juli 2015, Polri memperingati Hari Ulang Tahun Bhayangkara ke-69. Upacara peringatan digelar di Markas Komando Brimob Kelapa Dua, Depok, Jabar, Rabu (1/7) yang dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dalam upacara tersebut, Jokowi meminta praktik “mafia hukum” di Polri segera diberantas.

Dikutip dari laman www.setkab.go.id, Jokowi menyatakan bahwa pemberantasan segala bentuk kejahatan perlu dilakukan secara tegas dan profesional untuk menjamin kepastian hukum dan rasa keadilan masyarakat. Selain itu, Jokowi juga mendorong Polri meningkatkan kemampuannya sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang digunakan untuk kejahatan.

“Polri harus mampu menggunakan taktik dan teknik dengan didukung teknologi yang tepat,” ujar Jokowi.

Ditekankan Jokowi, Polri harus bisa memenuhi rasa keadilan masyarakat. Hal ini disampaikan karena, menurut Jokowi, masih adanya penegakan hukum yang tidak memenuhi rasa keadilan masyarakat, terutama terhadap kelompok marjinal dan rentan. Untuk itu, Jokowi berharap Polri terus berbenah melalui program reformasi birokrasi.

Jokowi mengingatkan Polri mengenai tantangan tugas yang semakin berat dan kompleks di masa mendatang. Untuk itu, Jokowi mengingatkan pentingnya Polri bersinergi dengan lembaga penegak hukum lainnya serta bersikap terbuka terhadap segala bentuk masukan dan kritik masyarakat.

“Persoalan sosial akan semakin dinamis sebagai dampak globalisasi. Tindak kejahatan akan semakin beragam dan memanfaatkan teknologi informasi dengan dimensi yang semakin luas,” tuturnya.

Pada kesempatan itu, Jokowi menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada anggota Polri yang dengan penuh kesungguhan bertugas di daerah pedalaman, di wilayah perbatasan, di wilayah terpencil, di pulau-pulau terdepan, serta yang sedang mengemban misi internasional di luar negeri.

Tags: